Saturday 16 April 2016

Unnes Gelar Kuliah Umum Bersama KH Said Aqil Siroj dan Imam Nahrawi

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Prof Dr KH Said Aqil Siroj MA dan Menteri Pemuda dan Olahraga H Imam Nahrawi Sag memberi kuliah umum di Gedung Auditorium Universitas Negeri Semarang, Sabtu (16/4) dengan tema Pengembangan Karakter Bela Negara Pemuda Calon Pemimpin Bangsa.

Said Aqil Siroj menerangkan bahwa ulama-ulama Nusantara juga berpengaruh dalam perkembangan peradaban Islam dunia. “Salah satu ulama yang memberikan kontribusi besar dalam peradaban Islam adalah Syaikh Achmad Khotib Al-Syambasi dari Kalimantan Barat berhasil menyatukan dua tarekat yaitu tarekat qodiriyah dari Abdul Qadir al-Jailani yang berzikir dengan suara keras dengan tarekat tarekat naqsabandiyah ketika berzikir dengan lirih, yang dikenal dengan tarekat Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah yang pengikutnya seluruh dunia”.

Syeikh Ahmad Khatib Sambas dikenal dengan karyanya Fathul Arifin. Kitab yang ditulis di Makkah pada tahun 1295 H menjelaskan tentang tata cara, baiat, talqin, dzikir, muqarobah dan silsilah Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah.
Said Aqil Siroj menyampaikan Islam Nusantara adalah Islam Islam yang menyatu dengan budaya dan islam yang menyatu dengan nasionalisme, semoga mahasiswa Unnes menjadi kembanggaan kita semua, Unnes bisa mencetak generasi yang berakidah.

Sementara itu, menpora H Imam Nahrawi Sag memberikan motivasi kepada mahasiswa Unnes untuk terus mencari ilmu sampai kapanpun. “Secara pribadi selain saya menjabat jadi mentri, saya masih ingin terus mencari ilmu kepada guru besar, kepada para ulama, dan para kyai. Walaupun saya sudah menjadi menteri rasanya masih kurang. Kurang bukan dalam jabartan, tapi kurang dari sisi pengetahuan”.

Menpora juga mengajak semua seluruh mahasiswa Unnes untuk optimis pada masa depan, kita harus yakin dan sadar bahwa kita punya potensi besar. Tidak boleh sedikitpun kita berkecil hati. Saya yakin mahasiswa Unnes bisa menjadi khoirunnas. Bisa memberikan manfaat bagi sekelilingnya.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Prof Dr KH Said Aqil Siroj MA dapat dapat hadir di Unnes dengan berbagai kesibukannya. “Matur Nuwun Pak Kyai, atas kesempatan berkenan hadir di Unnes, walau beliau nanti malam terbang ke China”.

Rektor menyampaikan acara ini sebagai upaya Unnes untuk menjadikan seluruh mahasiswa Unnes berprestasi, baik prestasi akademik maupun nonakademik dan berkarakter. Karena masiswa adalah pilar utama dalam perguruan tinggi. Mahasiswa adalah masa depan bangsa dan calan pemimpin bangsa.
(Andri Saeful Adnan)


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment