Wednesday 27 April 2016

Protokoler Unnes Selalu Mempresentasikan Citra Positif Lembaga

Selain memiliki peran penting dalam merepresentasikan citra positif Universitas Negeri Semarang (Unnes)  kepada tamu yang berkunjung, seorang protokoler juga  mempunyai peranan yang dominan dalam menentukan keberhasilan suatu acara.

Kepala UPT Pusat Humas Unnes Hendi Pratama MA mengatakan hal itu saat membuka acara pelatihan humas dan protokoler , di Gedung H Kampus Unnes Sekaran, Rabu (27/4).

Hal itu, kata dia, dapat diawali dengan membentuk kesan yang baik kepada para tamu yang berkunjung.  “Dari sinilah, mereka akan memberikan penilaian terhadap institusi seperti  Universitas konservasi  ini,” kata Hendi di hadapan 60 peserta dari unit kerja  di lingkungan Unnes.

Senada dengan Hendi, Kepala sub Bagian Protoko Universitas Gajah Mada Haryanto MM mengatakan sebuah institusi pada umumnya memiliki serangkaian aturan atau tata cara yang menjadi rujukan ketika mengadakan acara resmi dan menyambut tamu yang berkunjung ke institusi tersebut.

“Aturan itu meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan untuk menghormati tamu sesuai dengan jabatan dan kedudukan yang disandangnya,” Tutur pria yang akrab disapa Jack Haryanto itu.

Jack menambahkan, hal yang perlu diperhatikan dalam protokol adalah persiapan dan koordinasi dengan pihak-pihak yang akan menyelenggarakan  kegiatan, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan rencana.

“Fungsi keprotokolan dinilai vital untuk merepresentasikan citra yang dimiliki oleh institusi kepada dunia luar. Dengan memiliki fungsi protokol yang baik, sebuah institusi dapat memperoleh kesan positif yang semakin memperkuat citranya,” pungkasnya.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment