Sunday 24 April 2016

Pentas Sang Kusuma Meriahkan Pelantikan UKM Kesenian Jawa

Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Jawa (UKM KJ) merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan minat dan bakat yang berkaitan dengan kesenian jawa. Pada sabtu (23/04), lima kesenian jawa dan forum UKM KJ melaksanakan pelantikan pemimpin baru.

Kesenian jawa tersebut adalah, UKM Karawitan, Penumbro, Tari Klasik, Tari Kreasi, Kethoprak, dan Campursari. Di antaranya, Forum UKM yang sebelumnya diketuai oleh Reni Anggraini diganti oleh Nur Kholis, Tari Klasik Budiman digantikan oleh Ahmad Sugito, dan Didin Prasetyo menggantikan Yulia Paksi di UKM Campursari.

Pelantikan tersebut juga dimeriahkan dengan kolaborasi pentas dari UKM KJ dengan tema Sang Kusuma, sebuah pentas yang menceritakan tentang seorang anak muda bernama Sumantri yang menjadi utusan dari Prabu Arjuna dari Maespati sayembara untuk mendapatkan Dewi Citrowati.

Dalam perjalanan sayembara tersebut, Sumantri yang masih muda diragukan kemampuannya para raja yang lain yang mengikuti sayembara, namun pada akhirnya Sumantri lah yang memenangkan sayembara. Muhammad Sholekan


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment