Monday 25 April 2016

Meneladani Kepemimpinan Perempuan dari Kartini

Dalam memperingati Hari Kartini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (FIP Unnes) menyelenggarakan Seminar Nasional Kartini dengan tema Wanita Inspirasi Pengembang Peradaban Bangsa, senin (25/04) di Dekanat FIP.

Pada seminar tersebut hadir sebagai pembicara Hj Siti Atikoh Ganjar Pranowo (Istri Gubernur Jawa Tengah), Dr Rodiyah SPd SH MSi (Dekan FH Unnes), dan Hj Tri Kirana Muslidatun SPsi (Istri Walikota Yogyakarta).

Dalam paparannya Siti Atikoh menyampaikan bahwa, Kartini semenjak usia 12 tahun telah merasakan kegelisahan terhadap kaum perempuan yang hidupnya dipingit dan tidak mendapatkan akses pendidikan yang setara dengan kaum pria.

“Perempuan selayaknya mendapat pendidikan yang setara dengan laki-laki, dikarenakan peran perempuan lah yang akan lebih banyak mendidik anak-anaknya. Maka dari itu, perempuan juga selayaknya mendapatkan akses pendidikan yang setara dengan laki-laki”. tambahnya.

Berbeda dengan Dr Rodiyah yang menyampaikan dari sisi peran perempuan, dia mencotohkan Kartini adalah sosok perempuan yang patut dijadikan contoh bagi perempuan sekarang. Lewat semangat Kartini, perempuan bukan lagi menjadi subordinasi kaum laki-laki. Derajat perempuan dan laki-laki sama, juga punya peran yang sama di ranah publik.

“Ada peluang bagi kepemimpinan perempuan ke depan, yakni Menjadikan dasar dalam mengamalkan peran secara baik, bijak, dan tepat, Menangkap peluang meningkatkan derajat terhormat perempuan, serta Menjadi alasan penting mendidik anak melalui keteladanan kepemimpinan bersama”. ungkap dekan perempuan FH Unnes tersebut. Muhammad Sholekan


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment