Tuesday 26 April 2016

Kajati Pembicara Seminar DI FH

Fakultas Hukum (FH) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan Seminar Nasional,“Posisi dan Tantangan Kejaksaan dalam Sistem Peradilan Indonesia”, Selasa (26/4), di Aula gedung K 3. Pembicara dalam seminar ini adalah Plt Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Tengah Sulijati SH MH.

Dalam sambutan dan sekaligus membuka seminar ini Prof DR Fathur Rokhman MHum, “Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah mempunyai kerjasama yang sudah lama, Unnes sering membantu tenaga teknis ke Kejati demikian juga Kajati sering memberikan bantuan hukum ke Unnes”.

“Untuk kepentingan akademik, Kejati akan memberi inspirasi kepada mahasiswa FH kampus untuk mengembangkan lebih mendalam tentang kajian-kajian hukum dan Sistem Peradilan Indonesia”, katanya.

Sulijati saat memberikan materi pada seminar ini,”Kejaksaan merupakan lembaga representasi pemerintah dalam menuntut seseorang yang melakukan tindakan melawan hukum. Lembaga ini akan menindak lanjuti Berita Acara Pidana (BAP) dari kepolisian dan akan membawa yang berperkara ke meja hijau atau ke lembaga pengadilan untuk mendapatkan keputusan yang adil bagi kedua belah pihak yang berperkara”.

“Selain Pidana, Perdata dan Tata Usaha Negara juga mempunyai tugas memelihara ketertiban masyarakat yang di tunjuk sebagai koordinator Badan Koordinasi Pengawasan Aliran dan Kepercayaan (Bakorpakem). Tugas Bakorpakem adalah mempunyai wewenang bagi Kejaksaan dalam bidang ketertiban dan ketenteraman umum, antara lain mengawasi aliran kepercayaan,” ungkapnya.

Seminar yang di moderatori oleh Dr Ali Masyhar SH MH,”Seminar ini mampu memberikan pecerahan tentang sistem peradilan dan pemeliharaan ketertiban masyarakat. Universitas sebaiknya bersinergi dan berpartisipasi terkait dengan pemeliharaan masyarakat”, katanya.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment