Friday 22 April 2016

Direktur Pembinaan Kelembagaan Dikti Dorong Unnes Masuk Universitas Terbaik Dunia

Direktur Pembinaan Kelembagaan Dikti Ditjen Kelembagaan IPTEK Dikti Kementerian Riset Teknologi dan Dikti RI Dr Totok Prasetyo BEng MT mendorong Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk menjadi salah satu dari 500 universitas terbaik dunia.

Salah satu indikatornya yakni harus meningkatkan akreditasi perguruan tinggi menjadi A, memperbanyak penelitian, jurnal ilmiah, dan prestasi mahasiswa.

Dr Totok Prasetyo BEng MT menyampaikan itu saat menjadi pemateri pada Diskusi Kelompok Terfokus Kebijakan dan Strategi Penguatan Kelembagaan Perguruan Tinggi Menuju Akreditasi Unggul, Jumat (22/4) di rektorat kampus Sekaran Gunungpati. Kegiatan diikuti 150 pimpinan dan dosen di lingkungan Unnes.

Selain itu, kata Dr Totok tata kelola di Unnes harus terintegrasi dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Unnes sudah punya itu semua baik leadership, komitmen, dan sistem integrasi tinggal meningkatkan sedikit lagi saja,” tutur Dr Totok.

Sebelumnya, Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan, di 2016 ini Unnes menduduki peringkat 4 nasional dan peringkat 66 dunia berdasarkan Green Metric UI. Unnes yang juga Universitas konservasi merupakan kampus terfavorit dibuktikan dengan jumlah pendaftar mencapai 52.121 pendaftar, 2014 Unnes juga dianugerahi Smart Campus Award oleh TeSCa.

Menurut Prof Fathur, capaian akademik Unnes mempunyai delapan jurnal terakreditasi, sedangkan jumlah program studi terakreditasi A 28,5%, akreditasi B 50%, akreditasi C 8,16 %, dan belum terakreditasi 13,27 %.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment