Tuesday 19 April 2016

Besok Ganjar Pronowo Mulang Basa Jawa di Unnes

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bakal memberi kuliah umum di Dekanat Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (Unnes), kampus Sekaran, Gunungpati, Rabu (20/4), mulai pukul 07.00. Di hadapan 300-an mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, politisi PDI Perjuangan itu akan memberi kuliah dengan tema “Gayeng Mulang Basa Jawa”.

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Widodo, menyatakan selain kuliah umum, dalam kegiatan hasil kerja sama Unnes dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah itu juga bakal diluncurkan kamus bahasa Jawa-Indonesia bahasa Indonesia-Jawa berbasis sistem aplikasi Android.

Kamus tersebut merupakan karya mahasiswa Nuring Dyah Rahmadani yang dibuat untuk menyelesaikan studinya. Dalam proses pengerjaan, ia dibimbing dosen di jurusan yang sama, Sucipto Hadi Purnomo dan Joko Sukoyo.

Widodo berharap melalui kuliah umum ini Ganjar turut menjadi pemicu untuk menggayengkan pembelajaran bahasa Jawa di sekolah. Di hadapan mahasiswa yang sebagian merupakan calon guru Bahasa Jawa, Ganjar memberikan perspektif pembelajaran yang menarik, komunikatif, dan inovatif. Ia juga bakal bercerita mengenai pengalamannya mengatasi berbagai permasalahan yang ada di Jawa Tengah, tak terkecuali perihal pendidikan dan kebudayaan di provinsi ini, yang juga merupakan bidang kajian para mahasiswa itu.

Dalam kegiatan yang sama, juga bakal diteken nota perjanjian antara Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa dengan Balai Bahasa terkait peningkatan kerja sama pengembangan bahasa dan sastra Jawa.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment