Tuesday 5 April 2016

Mahasiswa Prodi Sastra Jawa Unnes Jadi Dalang di Museum Ronggowarsito

Wayang kulit merupakan warisan budaya yang sarat dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat, khususnya masyarakat jawa. Lewat wayang kulit, masyarakat disuguhkan dengan cerita-cerita masa lalu yang bisa diambil makna dari cerita yang dipentaskan tersebut.

Universitas Negeri Semarang (Unnes) dalam hal ini juga turut andil dalam melestarikan budaya adihulung warisan nenek moyang tersebut, lewat Pentas Dalang yang diselenggarakan oleh Museum Ronggowarsito Mahasiswa Prodi Sastra Jawa Fakultas Bahasa dan Seni Unnes (FBS Unnes), Afiana Larasati mahasiswa semester mementaskan lakon Wahyu Makutarama.

Afiana merupakan salah satu mahasiswa yang rutin mengikuti pelatihan pentas dalang, pada Senin (4/4) di Komplek Museum Ronggowarsito dia berkesempatan menjadi dalang dalam pentas tersebut. Dalam pementasan tersebut, hadir pula beberapa dosen dan mahasiswa sastra jawa.

Dalam pementasan tersebut, Afiana tidak hanya ditemani oleh dosen dan mahasiswa, kedua orang tuanya juga hadir langsung dan memberikan semangat pada mahasiswa yang telah menempuh 6 semester tersebut. Muhammad Sholekan


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment