Tuesday 27 August 2019

Tim KKN UNNES Inisiasi Pembentukkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Wonosobo

Perkembangan era teknologi selalu menuntut pembaharuan dalam berbagai sektor, termasuk dalam sektor komunikasi dan informasi. Bagi sebagian masyarakat digital, kebutuhan informasi yang up to date  merupakan kebutuhan dasar yang menopang berbagai lini kehidupan.

Menyadari pentingnya kebutuhan akses terhadap informasi terbaru, menjadi penggerak bagi Tim KKN Lokasi IIA UNNES tahun 2019 untuk menginisiasi pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Kalibeber.

Dalam kegiatan yang bertempat di ruang PKG Korwil Pendidikan Kecamatan Mojotengah ini, hadir sebagai narasumber, Kepala Seksi Pemberdayaan Komunikasi Sosial Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo Drs Ganeswara Wibawa MM.

“KIM di tingkat kelurahan/desa sangat diperlukan untuk menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi dan informasi saat ini, bahwa memang sudah zamannya untuk masyarakat sadar akan pentingnya informasi,” jelas pembina KIM Kabupaten Wonosobo tersebut.

Senada dengan yang diutarakan oleh Ganes, Lurah Kalibeber Kabupaten Wonosobo Hartono menyampaikan pentingnya menjadikan informasi sebagai bagian dari masyarakat untuk mengenalkan potensi daerah.

“Kalibeber ini sebenarnya sangat maju, memiliki banyak potensi, serta SDM yang mandiri namun belum dikenal oleh dunia luar. Maka dari itu mari kita kenalkan pada dunia. Saya sangat berharap, melalui KIM ini dapat menjadikan potensi -potensi yang ada di Kalibeber ini bisa terangkat,” harap Hartono.

Kegiatan dilanjutkan dengan musyawarah pembentukan struktur KIM yang akhirnya meneguhkan Fatahillah sebagai ketua KIM Kelurahan Kalibeber tahun 2019.

“Tak hanya itu, selain pembentukan KIM, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan manejemen website Kelurahan Kalibeber yang dipimpin oleh tim KKN UNNES. Kami mengundang seluruh elemen dari lembaga kelurahan diantaranya Aparatur Kelurahan Kalibeber, FKK, LPM, dan Karang Taruna,” jelas salah seorang Tim KKN UNNES Ade Tri Widyanti.

Mahasiswa Ilmu Politik itu berharap, dengan adanya KIM dapat menjadikan Kelurahan Kalibeber bersinergi untuk semakin maju dan menjadi salah satu aikonik potensi daerah di Wonosobo.

Dwi Hermawan (Student Staff)


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment