Wednesday 28 August 2019

Teguhkan Reputasi Internasional, UNNES Terima Visitasi AUN-QA

Konsistensi Universitas Negeri Semarang (UNNES) dalam meneguhkan diri sebagai universitas bereputasi internasional tidaklah perlu diragukan lagi. Upaya ini nampak dari berbagai program UNNES yang telah berhasil mencapai beragam prestasi dan pengakuan dari dunia internasional.

Salah satu bentuk pengakuan dunia internasional terhadap kualitas dan layanan UNNES ialah divisitasinya kampus UNNES oleh AUN-QA.

ASEAN University Network Quality Assurance atau AUN-QA merupakan salah satu kegiatan AUN yang bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi bagi anggota-anggotanya. Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk pemantauan kualitas dari AUN yang berusaha melakukan pengukuran secara sistematis, terstruktur, transparan, dan berkesinambungan terhadap universitas-universitas anggotanya.

Pada Selasa (27/8), sepuluh orang tim asesor AUN-QA dari berbagai negara di kawasan ASEAN melakukan kunjungan peninjauan (visitasi) dan penilaian (asesmen) di UNNES berkaitan dengan pengajuan empat program studi dari empat fakultas di UNNES untuk akreditasi AUN-QA.

Sepuluh asesor tersebut ialah Assoc. Prof. Dr. Amalina M. Afifi (Malaysia), Assoc. Prof. Dr. Brian Canlas Gozun (Philipina), Mr. Johnson Ong Chee Bin (Singapura), Asst. Prof. Dr. Streerut Thadakant (Thailand), Assoc. Prof. Dr. Gerardo Largoza (Philipina), Assoc. Prof. Dr. Nuanthip Kamolvarin (Thailand), Prof. Dr.  Allan B. de Guzman (Philipina), Prof. PhD Wan Ahmad Kamil Mahmood (Malaysia), Asst. Prof. Dr. Thanongsack Duangdala (Laos), dan Ms. Wilasinee Sittisomboon (AUN Sekretariat).

Sementara keempat program studi yang akan diakreditasi ialah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (FBS), Biologi (FMIPA), Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (FIK), dan Ekonomi Pembangunan (FE).

“UNNES sudah menyiapkan dokumen untuk akreditasi dengan segala persyaratan akreditasi diantaranya dokumen kurikulum internasional, sarana prasarana, dan lainnya. Selama 3 hari ini, kita akan divisitasi dan asessment, dicocokan antara dokumen yang telah dikirim UNNES dengan kenyataan di lapangan sampai wawancara dengan dosen, mahasiswa, alumni dan stake holder,” jelas Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat memberikan sambutan.

Dalam kegiatan yang berpusat di Rektorat UNNES ini, Prof Fathur berharap, empat Program Studi yang UNNES ajukan bisa terakreditasi sehingga bisa memotivasi Program Studi serta Perguruan Tinggi lain terutama universitas mantan IKIP atau LPTK. Hal ini penting, karena tidak semua perguruan tinggi berani divisitasi oleh AUN.

Terakreditasinya UNNES oleh AUN-QA akan semakin meneguhkan langkah UNNES sebagai universitas bereputasi internasional. Hal ini akan menjadi upaya strategis bagi UNNES dalam mendapatkan international recognition, memperluas jaringan internasional baik dalam kerjasama akademik, riset, publikasi, dan berbagai skema program lainnya.

Tak hanya itu, visitasi ini juga menjadi dorongan dan motivasi UNNES untuk mencetak SDM yang unggul dan memiliki kualifikasi internasional, sehingga nantinya, alumni UNNES mampu bersaing baik di kancah lokal ASEAN bahkan ditingkat internasional.

Dwi Hermawan (Student Staff)


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment