Sunday 25 August 2019

Mahasiswa UNNES Ajak Ibu-Ibu PKK Membuat Inovasi Teh Dari Bunga Mawar

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberikan pelatihan dan pembuatan Teh Bunga Mawar (TBM) kepada ibu-ibu kelompok PKK Desa Kenteng Bandungan. Kegiatan dilakukan di rumah Ibu Sri Ngestiwati salah seorang wirausahawan dari Semarang yang terkenal dengan produk Tomat Rasa Kurma (Torakur), 21/8.

Menurut ketua Tim KKN Khoirul Anam, desa Kenteng merupakan salah satu pusat penghasil bunga mawar yang besar.

“Umumnya masyarakat disini ketika panen bunga mawar mereka langsung menjualnya ke pasar. Ketika harga sedang anjlok, otomatis penghasilan yang mereka dapat juga ikut berkurang. Kegiatan ini bertujuan agar ibu-ibu mampu mengetahui dan dapat mempraktikannya langsung di lingkungan keluarga. Bunga mawar tidak hanya dijual langsung, melainkan dapat dimanfaatkan sebagai minuman teh yang dapat dinikmati sendiri maupun dikemas kemudian dijual dalam kemasan,” kata Khoirul Anam

Lebih lanjut Anam menjelaskan,  khasiat dari teh bunga mawar  untuk membuang racun, melawan inflamasi, mengurangi nafsu makan yang berlebihan, meningkatkan sistem imun dalam tubuh, dan khasiat yang lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Semoga dari kegiatan ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu dan dapat menciptakan ekonomi kreatif baru yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Desa Kenteng.  

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Desa, Ana Ghosiyatul.  Ana menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas upaya mahasiswa KKN memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat khususnya ibu-ibu.

“Sebelum adanya kegiatan ini, kebanyakan masyarakat hanya menjual langsung bunga mawar sebagai sarana untuk nyekar di pemakaman, belum ada inovasi produk yang diolah dari bunga mawar.’ Kata Ana.

Ada 15 mahasiswa yang terlibat dalam KKN di Desa Kenteng Bandungan. Selain Khoirul Anam, mereka adalah Afra Fauziah L. Putri (Biologi), Khoirun Najah (Biologi), Reny Rahayu (Biologi), Riecky Muwahid (Sistem Informasi), Nuril Ashrofiyyah (Sistem Informasi), Nur Firdayanti (Akuntansi), Heni Pebrianti (Teknik kima), Alfiyah Trisyani (Teknik Kimia), Kristianty Dahoklory (Teknik Kimia), Vigi (Psikologi), Eko Purwanto (Teknik Mesin), Doni Setyoaji (Teknik Mesin), Tegar Setiawan (Manajemen), Sri Rohtrianah (Manajemen),  


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment