Thursday 25 July 2019

UNNES Terjunkan 3.513 Mahasiswa PPL, 59 PPL Internasional

Universitas Negeri Semarang (UNNES) 2019 ini menerjunkan Mahasiswa Program Sarjanan (S1) Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di dalam negeri dan luar negeri.

Pelepasan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt, Kamis (25/7/2019) di halaman rektorat kampus UNNES Sekaran Gunungpati.

Kepala Pusat Pengembangan PPL Dr Isnarto MSi melaporkan, UNNES menerjunkan 3.513 Mahasiswa PPL ke sekolah dan instansi mitra selama 7 Minggu, mulai 29 Juli sampai 13 September 2019.

Ke 3.513, sebanyak 59 mahasiswa PPL internasional di 7 negara (Jepang, Perancis, Taiwan, Vietnam, Filipina, Singapura, dan Malaysia).

Kemudian, 3.454 mahasiswa PPL di dalam negeri di 10 wilayah (DKI Jakarta, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Demak, Kabupaten Jepara, Kota Tegal, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur)

Prof Zaenuri saat memberi sambutan menyampaikan, PPL 2019 ini bertema “PPL UNNES Berkarakter” yakni sebagai pengikat dan pengingat bagi mahasiswa untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai karakter konservasi UNNES (inspiratif, humanis, peduli, inovasi, kreatif, sportif, jujur, dan adil).

Prof Zaenuri juga mengemukakan, prestasi dan karakter ibarat dua sisi mata uang, yang pertama UNNES mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi tetapi di sisi lain prestasi itu tidak boleh lepas dari karakter.

“Saat inilah waktunya mahasiswa untuk belajar diluar kampus dengan membawa bekal prestasi dan karakter,” kata Prof Zaenuri.

Prof Zaenuri menjelaskan, penguasaan metodolgi mengajar itu memang penting, akan tetapi penguasaan materi yang benar itu juga penting.

Tidak ada artinya bila anda menguasai metodologi mengajar tapi penguasaan materi anda penuh dengan miskonsepsi. Tapi menguasai materi pun jangan meninggalkan penguasaan metode mengajar karena penguasaan kelas anda pun tidak dapat optimal, katanya.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment