Thursday 25 July 2019

3.513 Mahasiswa UNNES Ikuti Pembekalan PPL

Sebanyak 3.513 mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) program studi  (prodi) Kependidikan mengikuti pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Selasa (23/7) di Auditorium kampus UNNES Sekaran Gunungpati.

Kepala Pusat Pengembangan PPL Dr Isnarto MSi saat membuka kegiatan menyampaikan, pembekalan ini untuk persiapan melakukan PPL di sekolah/instansi mitra baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Isnarto menjelaskan,  ada 3.513 mahasiswa yang mengikuti pelaksanaan PPL tahun 2019. Mereka terdiri atas 59 peserta PPL Antar Bangsa dan 3.454 peserta Reguler.

Ke-59 peserta PPL Antar Bangsa ini nantinya akan tersebar di 7 negara 11 sekolah praktikan mitra UNNES yakni di Filipina, Jepang, Perancis, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Taiwan.  

Sedangkan 3.454 peserta PPL Reguler akan tersebar di 238 sekolah/instansi praktikan, terdiri atas 184 di Kota Semarang, dan 54 di luar Kota Semarang.

Kegiatan pembekalan PPL ini diharapkan dapat memberikan bekal yang cukup bagi mahasiswa praktikan PPL terkait hal teknis, norma yang harus dianut, dan inspirasi untuk selalu berprestasi di masa yag akan datang.

Hadir sebagai nara sumber Dr Isnarto MSi (Kepala Pusat Pengembangan PPL UNNES) menyampaikan tentang pelaksanaan PPL, Ilham Hernowo S SPd (UPT TIK UNNES) memberikan informasi tentang penggunaan SIMPPL.

Kemudian,  Miftahudin SPd MSi (Guru Berprestasi Tingkat Nasional) alumni UNNES menyampaikan motivasi untuk selalu menjadi guru yang berprestasi. 

Miftahudin mengajak para calon praktikan untuk selalu menerapkan 8 prinsip dalam menjalankan tugas sebagai guru yakni motivasi diri yang kuat, ikhlas, fokus, andal, doa, integritas, keseimbangan, dan usaha optimal.

Miftahudin, menceritakan apa yang telah lakukan selama ini hingga akhirnya berbagai prestasi gemilang diraihnya. Dia berpesan agar mahasiwa selalu disiplin dan selalu mengajar dengan hati. Dengan mengikuti prinsip ini, mahasiswa akan dapat menjalankan kehidupan sebagai guru dengan baik dan berimbas positif kepada siswa yang diajarnya.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment