Tuesday 30 July 2019

Sahabat Pena Kita Meluncurkan Buku di UNNES

Sahabat Pena Kita (SPK) menyelenggarakan seminar dengan tema “Profesionalisme Penulis Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Karya” dengan dihadiri para dosen, guru, praktisi, dan penulis. Acara dibuka oleh Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama Universitas Negeri Semarang (UNNES), Prof. Dr. Agus Nuryatin, M.Hum.

UNNES sangat mengapresiasi akan kegiatan literasi ini, mengingat UNNES merupakan rumah ilmu pengembang peradaban. Menulis adalah salah satu cara untuk ‘mengikat’ ilmu. Tulislah apa yang Anda kuasai dan alami, agar orang lain menjadi mengetahui. Itulah cara sederhana dalam menulis, ujar, Prof. Dr. Agus Nuryatin, M.Hum.

Ada empat pembicara yaitu Dr. Ngainun Na’im, M.Ag (Ketua LP2M IAIN Tulungagung), Prof. Dr. Muhammad Chirzin, M.Ag (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Drs. Much. Khoiri, MA (Kepala Humas Universitas Negeri Surabaya/UNESA), dan Haidar Musyafa (Penulis Buku Biografi “Hamka”).

Dr. Ngainun Na’im, M.Ag memaparkan tentang menggugah dan merawat spirit literasi, Prof. Dr. Muhammad Chirzin, M. Ag memaparkan tentang meningkatkan kualitas tulisan dengan membaca, Drs. Much. Khoiri, MA memaparkan tentang mengasah dan meningkatkan kreativitas menulis. Haidar Musyafa memaparkan tentang produktivitas menulis.

Ketua kegiatan, Agung Kuswantoro, S. Pd, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan kepenulisan yang diselenggarakan oleh SPK dan UNNES. UNNES adalah tempat ketiga dalam Kopdar ke-3 SPK. Peserta yang hadir dari Tulungagung, Yogyakarta, Malaysia, Brebes, Malang, Bondowoso, Surabaya, dan Pekalongan.

Senada dengan itu, Dr. M. Arfan Mu’ammar, M. Pd.I-ketua SPK-munuturkan pertemuan di UNNES ini sebagai ajang silaturahmi para penulis dengan tujuan untuk sharing mengenai literasi. Tidak hanya itu, dalam masalah penerbitan juga menjadi pembahasan diantara penulis tersebut.

Dalam kegiatan tersebut diluncurkan buku karya SPK berjudul “Literasi Di Era Disrupsi”. Buku sebagai gambaran dari penulis dalam menghadapi dan strategi dunia literasi di era sekarang. Selain, me-lunching buku, anggota SPK juga memberikan karya-karya ke UNNES.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment