Thursday 11 July 2019

KEPERCAYAAN MASYARAKAT MENINGKAT, REKTOR: JAGA DENGAN PENUH INTEGRITAS

Kepercayaan masyarakat terhadap Universitas Negeri Semarang (UNNES) terus meningkat. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pendaftar calon mahasiswa baru.

Dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019, UNNES menjadi salah satu PTN paling diminati dengan jumlah pendaftar mencapai 44. 937. Hal yang sama juga tampak dari banyaknya jumlah pendaftar dalam SNMPTN dengan 23.886 pendaftar.

Menurut Rektor Prof Dr Fathur Rokhman MHum kepercyaan itu harus dijaga dengan penuh integritas. Pimpinan dan seluruh staf harus bekerja optimal menjaga kepercayaan tersebut.

Mengutip penulis kondang Amerika, Stephen R Covey, Rektor menyampaikan ada empat cara yang harus dilakukan UNNES untuk menjaga kepercayaan tersebut.
Hal itu disampaikan saat Rektor memberi arahan dalam rapat pimpinan pada Kamis (11/7) di Surakarta.

Cara pertama adalah menjaga integrtas. Dalam arti sederhana, integritas adalah kemampuan melaksanakan hal yang dikatakan.

Cara kedua adalah menjaga niat baik. Dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa, UNNES perlu menjaga niat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan Tuhan Yang Maha Esa.

Cara ketiga adalah meningkatkan kapasitas. Dalam hal ini, kapasitas berkaitan dengan kemampuan melaksanakan tugas sesuai target atau bahkan melampauinya. Karena itulah, sumber daya manusia UNNES harus senantiasa bertumbuh kapasitasnya.

Cara keempat adalah hasil. Bukti paling otentik dari hasil pendidikan yang baik adalah lahirnya mahasiswa dan alumnus yang berkarakter dan berprestasi.

Jika empat hal itu dilakukan secara konsisten, Rektor optimis UNNES akan terus bertumbuh semakin besar.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment