Saturday 13 April 2019

UTBK Di Pusat UTBK 356 UNNES Berjalan Lancar

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 Gelombang I digelar mulai hari ini, Sabtu (13/4). Pada saat memantau UTBK, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Semarang (UNNES), Prof Dr Zaenuri MSi AKt mengimbau, Peserta UTBK harus mematuhi tata tertib yang sudah diberikan untuk kelancaran pelaksanaan UTBK.

Selanjutnya Prof Zaenuri menyampaikan, UNNES menyiapkan komputer sebanyak 1.410 yang terbagi UNNES sendiri 1.130, mitra UNNES dari UIN Walisongo sebanyak 100, STIE Semarang 80, dan UNW sebanyak 100.

Ia juga menjelaskan, untuk peserta yang mengikuti UTBK di Pusat UTBK 356 UNNES disesi 1 yang diikuti peserta sebanyak 979 yang terbagi di Kampus UNNES Sekaran sebanyak 743, UIN Walisongo sebanyak 97, Universitas Ngudi Waluyo (UNW) sebanyak 95, dan STIE Semarang sebanyak 77 dan semuanya berjalan lancar.

Ia melanjutkan, Jadwal UTBK 2019 untuk sesi 1 dimulai pukul 07.30 WIB. Panitia UTBK akan memeriksa identitas dan dokumen para peserta. Pelaksanaan UTBK dimulai pukul 08.00 WIB hingga 11.45 WIB. Selama hampir empat jam pelaksanaan UTBK, para peserta akan mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Salah satu peserta UTBK Lusiana Oliviani dari Grobogan menjelaskan,”Saya sebagai peserta UTBK di UNNES merasa nyaman, baik itu ruangan, pelayanan, sistem tes, maupun sarana dan prasarana yang ada di Gedung Prof. Satmoko ini”, jelasnya.

Lusiana yang bersekolah di SMA Muhammadyah Grobogan ini adalah salah satu peserta Bidikmisi, yang berharap ia lolos tes dan dapat diterima di Prodi PGSD UNNES.

Selama UTBK para peserta akan mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). TPS guna mengukur kemampuan kognitif peserta yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipalajar di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment