Saturday 30 March 2019

UNNES menjaga hubungan baik dengan mitra universitas di 10 negara

Pada Jumat (29/3) UNNES mengadakan “UNNES and Partners Networking Forum 2019”. Pertemuan ini dihadiri oleh jajaran pimpinan dan tamu dari tingkat nasional sampai internasional. Pertemuan ini diadakan untuk mempererat hubungan kerjasama antar institusi. Kehadiran perwakilan BAPPENAS, Kemenristek dikti, Kemekumham RI, KONI dan mitra-mitra UNNES melengkapi malam bersejarah ini.

Tamu Internasional datang dari 10 negara dan terdiri dari 11 Universitas berbeda. Mereka adalah perwakilan dari RMIT University Australia, University of Trnava Slovakia, SHBIE Universiti Brunei Darrusalam, Unissa Brunei Darussalam, President Ramon Magsaysay State University Philipines, Confucious Institute of China, Punjabi University Patiala India, Massey University New Zealand, Chung-Ang University South Korea, Ho Chi Minh University of Pedagogy Vietnam, dan Universiti Teknologi Mara Malaysia.

Acara dimulai dengan sambutan rektor UNNES, Prof Dr Fathur Rokhman MHum“UNNES menghargai partner dengan baik. Kerjasama antar universitas ini merupakan bukti bahwa UNNES memegang teguh visinya, yaitu menjadikan Universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Dalam lima tahun terakhir kita sudah bekerjasama di Universitas di ASEAN, Asia, Eropa, bahkan Amerika. Salahsatu pentingnya kerjasama adalah kesiapan menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang harus disiapkan bersama melalui inovasi dan kreasi”.

Prof Branislav Pupala PhD dari University of Trnava Slovakia menyampaikan “54 termasuk umur yang muda untuk universitas. Untuk rata-rata umur universitas di dunia bisa mencapai ratusan tahun termasuk Eropa dan Amerika. Tetapi yang tertua di dunia mencapai seribu tahun yang ada di kota Fez, Maroko. Dengan usia yang muda, UNNES masih butuh waktu untuk masa depan yang cerah. UNNES, khususnya FIP telah menjalin kerjasama dengan Universitas saya di Slovakia. Kita bertukar pelajar, dan saya disini untuk mewakili institusi saya. Kerjasama ini sangat baik dijalin, saya harap kerjasama ini bisa berkelanjutan memberikan dampak positif untuk semua pihak”.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penandatanganan pakta kerjasama dari 11 universitas dan bersamaan dengan penandatanganan kerjasama antar institusi dengan KONI. Sesi penandatanganan MoU diakhiri dengan pertukaran cindramata sebagai simbol kerjasama yang diemban antar institusi. Acara benar-benar diakhiri dengan Focus Group Discussion secara internal di masing-masing unit kerja UNNES dengan mitra antar negara untuk mengenal lebih dekat secara institusi. FGD dilakukan untuk menegaskan bahwa kerjasama akan dilanjutkan untuk masa mendatang.

Agung Setyo Nugroho (Student Staff)


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment