Saturday 30 March 2019

Tokoh Nasional dan Internasional Hadiri Dies Natalis UNNES ke-54

Sabtu (30/3) UNNES menyelenggarakan Upacara Dies Natalis UNNES ke-54. Bertempat di Auditorium, acara ini dihadiri oleh banyak tokoh nasional maupun internasional. Acara ini merupakan rangkaian Dies Natalis UNNES ke-54 setelah resmi dibuka sejak 6 Maret hingga 24 April mendatang.

Gelaran ini dihadiri oleh perwakilan Kemenristekdikti, BAPPENAS, Sekda Jateng, dan para pimpinan UNNES beserta jajaran dosen serta mitra UNNES. Pagi itu hadir pula para Partners Networking Forum 2019 yang telah menandatangani kerjasama malam sebelumnya. Tidak lupa para awardee yang akan diberi penghargaan akan dedikasinya yang besar untuk bangsa ini.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum, menyampaikan dalam sambutannya “Pada usia 54 tahun, UNNES diharapkan memiliki kemampuan untuk meningkatkan semangat kerja di tahun kemandirian agar dapat bersanding sejajar dengan perguruan tinggi berkelas dunia. Usia ini adalah momentum untuk menjulangkan prestasi dan reputasi UNNES demi Indonesia di mata dunia. Karenanya dibutuhkan komitmen keluarga besar UNNES dan dukungan semua pihak untuk kesuksesan UNNES”. Usai memberikan sambutan, Rektor memimpin peluncuran Inovasi digital UNNES berupa Tanda Tangan Elektronik.

Mewakili Gubernur Jawa Tengah, Sekertaris daerah Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP menyampaikan “Pada tahun 2020-2035 Indonesia akan memiliki banyak sekali SDM puncak usia produktif, maka hal ini harus didayagunakan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan dan kemandirian Indonesia. Dalam hal ini UNNES harus mempersiapan lulusannya dengan berbagai ketrampilan yang di butuhkan di era Industri 4.0”.

Sepaham dengan Sekda, Sekertaris Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemnenristekdikti juga menyampaikan hal serupa. Prof Rina Indiastuti menyampaikan strategi peningkatan mutu layanan tridharma perguruan tinggi “Harus ada sinergi pelaksanaan tridharma yang didukung efektifitas penta helix antara universitas, pemerintah, dan swasta, serta masyarakat dan media dalam pengembangan mutu lulusan”.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian Anugrah Konservasi dengan Ibu Anne Avantie sang Designer Internasional dan Bapak Irvan Hidayat sang direktur PT Sidomuncul. Pemberian ini merupakan bukti bahwa UNNES sebagai lembaga menghargai pencapaian dan dedikasi seseorang untuk negara ini di kancah global. Seperti Dies Natalis kali ini yang mengusung tema “Mendunia untuk Indonesia”.

Kegiatan diakhiri oleh penyampaian orasi ilmiah dari dosen Royal Melbourne Institute of Technology University Australia Prof Jeffery Scott Brooks PhD. Orasi ilmiah yang beliau bacakan berjudul “Developing a World Class University”. Melalui orasi ilmiah UNNES berharap memperoleh pencerahan dan inspirasi untuk meningkatkan prestasi dan mengawal reputasi UNNES untuk mendunia.

Agung Setyo Nugroho (Student Staff)


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment