Tuesday 12 March 2019

Rektor UNNES Berikan Pelatihan Kepemimpinan Bertumbuh di Universitas iVET

Rektor UNNES, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum, telah sukses mengadakan one day training for university leaders dengan judul ‘Kepemimpinan Bertumbuh’ di Rektorat Universitas iVET (12/3).

Kepemimpinan Bertumbuh adalah satu set prinsip kepemimpinan yang berpusat pada pengembangan kualitas diri pemimpin dan orang-orang disekitarnya. Prinsip kepemimpinan bertumbuh adalah sebuah hasil kontemplasi pemikiran Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum dan hasil pemikiran tersebut telah dituangkan dalam buku Kepemimpinan Bertumbuh. 

Dalam kesempatan ini Rektor UNNES menjelaskan, saat ini kita sedang menghadapi tantangan-tantangan baru di era distrupsi. Jika tantangan itu menjadikan kita takut, maka perguruan tinggi tidak akan maju. Jadikan tantangan ini sebagai peluang untuk bersinar di era distrupsi.
 
Ia juga menyampaikan, sejatinya kepemimpinan bagaikan pohon yang terus bertumbuh. Benih merupakan bibit utama dalam menentukan seberapa kuat pohon tersebut berdiri. Terpaan badai merupakan cobaan ketika pohon berdiri. Terakhir menumbuhkan benih, berarti tugas pemimpin harus menyiapkan pemimpin berikutnya.
 
Ditegaskan pula, pemimpin  dimulai dari visi, maka anda punya bibit kepemimpinan. Semakin besar visinya, semakin besar kepemimpinannya. Jika pemimpinnya luar biasa, organisasi dapat berjalan baik. Sebaliknya, organisasi tanpa pemimpin semua akan berjalan sendiri-sendiri dan tidak akan mencapai tujuannya.

Pada kesempatan ini Rektor UNNES didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof Dr Agus Nuryatin MHum dan Rektor iVET, Prof Dr Rustono MHum, menandatangani MoU. 

Dalam sambutannya Rektor iVET menyampaikan, Universitas iVET berharap kerjasama antara UNNES dan iVET akan berlanjut dan tidak berhenti pada bidang tertentu saja.

MoU ini akan menjadi langkah awal kerjasama yang baik bagi dua institusi ini. Kami berharap UNNES dapat membantu kemajuan iVET.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment