Tuesday 28 June 2016

Gagal SBMPTN, Masih Ada SM-UNNES

Tidak masuk pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bukan berarti kesempatan untuk menjadi mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) tertutup sudah. Kesempatan masih terbuka lebar, karena masih ada Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES).

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Rustono MHum mengungkapkan, SM-UNNES adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang D3 dan S1 yang diselenggarakan secara mandiri oleh UNNES dalam bentuk ujian tertulis dan/atau ujian keterampilan seni/olahraga. “Yang bisa mengikuti seleksi ini lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat tahun 2014, 2015, dan 2016,” ungkap Prof Rustono kepada unnes.ac.id, Selasa (28/6).

Dikemukakan, pendaftaran secara online sudah dimulai 1 Juni sampai dengan 14 Juli 2016 melalui laman http://ift.tt/1ZULAxp. Calon peserta dapat memilih salah satu kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), atau Campuran (Saintek dan Soshum).

”Peserta berhak memilih maksimum dua program studi untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan maksimum tiga program studi (Saintek dan Soshum) untuk kelompok ujian Campuran,” paparnya.

Biaya seleksi peserta SM-UNNES Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran.

“Adapun peserta yang memilih program studi yang mensyaratkan ujian keterampilan seni/olahraga, membayar biaya uji keterampilan sebesar Rp 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah).” ujar Prof Rust.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment