Sunday 30 June 2019

UNNES Career Expo Percepat Proses Link and Match

Pada Jumat dan Sabtu (28-29/6) Pusat Pengembangan Karir dan Bimbingan Konseling Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Universitas Negeri Semarang (Pusat Karir dan BK LP3 UNNES) selenggarakan UNNES Career Expo 2019 (UCE 2019) di gedung LP3.

Hadir dalam pembukaan Ketua LP3, Ketua BP2M, Ketua DPP IKA UNNES, para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, dan segenap pengelola LP3.

Expo karir ini memberikan layanan kepada para mahasiswa yg masih berada pada masa studi, maupun menjelang lulus, para alumni lebih dekat dengan dunia kerja dan dunia industri. Khusus bagi para alumni UNNES, agenda UCE semoga bisa menjadi ajang mencari, memilah dan memutuskan untuk meraih pekerjaan yang diharapkan.

Berdasarkan rekaman pendaftaran secara daring terdaftar 4408 pengunjung yang terdiri dari alumni UNNES dan masyarakat luas.

Kegiatan ini menghadirkan 19 perusahaan yang bergerak yang terkategori dalam bidang Perbankan, Tekstil, Manufaktur, IT, Jasa Pendidikan, dan Konsultan. Total empat perusahaan mengadakan penerimaan selepas expo seperti PT Mega Central Finance, PT Arista Group, PT Karyamas, dan PT Best Agro Internasional. Dari seluruh perusahaan terhitung hampir 50 kualifkasi lowongan kerja yang bisa diikuti oleh lulusan kependidikan dan non-kependidikan.

 “Harapannya UNNES Career Expo dapat memberikan layanan informasi pekerjaan yang tepat bagi para wisudawan, disisi lain mahasiswa memahami seluk beluk dunia kerja. Serta perguruan tinggi mendapat balikan dari pelaku usaha dan industri untuk menciptakan lulusan yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan mereka sehingga terwujud link and match” ujar kepala Pusat Karir Dr Eko Supraptono MPd

“Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat kerjasama antara pusat karir dengan pelaku usaha dan industry, stakeholder, asosiasi HRD dan masyarakat secara luas” tambahnya.

Selama dua hari, selain ada expo perusahaan, ada pula conseling career dan konsultasi magang atau beasiswa dan lanjut studi ke luar negeri yang dipandu oleh para konselor handal dari FIP yaitu para dosen Bimbingan Konseling dan Psikologi.

Dr Drs Budiyanto SH MHum selaku Ketua DPP IKA UNNES menyampaikan “Alumni perlu mengembangkan diri sebaik-baiknya menjadi sarjana yg mumpuni, menguasai bidangnya. Sarjana yg baik perlu berkontribusi dalam dinamika dunia usaha dan industri sehingga keberadaanya benar-benar diperlukan oleh praktisi yang bergerak dalam bidang bisnis atau lainnya”

“IKA menyambut dan mendukung kegitan LP3 menggandeng pelaku usaha dalam mempertemukan dengan para lulusan. Upaya ini danggap sebagai langkah strategis membantu lulusan memeroleh pekerjaan dengan lebih konkrit dan efektif” imbuhnya.

Agung Setyo Nugroho (Student Staff)


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment