Friday 28 June 2019

Wisuda UNNES, Rektor: Multi-Kecakapan Abad 21

Alhamdulillah, pada hari ini dengan penuh bangga, UNNES mempersembahkan kepada Indonesia sebanyak 1.380 wisudawan yang siap menatap masa depan lebihbaik. Atas nama seluruh civitas academica UNNES, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan atas keberhasilan Saudara menyelesaikan serangkai proses penggemblengan dan pengembangan diri menjadi insan berilmu dan berkarakter yang berujung manis pada wisuda ini.

Ucapan selamat dan sukses juga kami sampaikan kepada para orang tua/wali, penyedia beasiswa, dan keluarga wisudawan atas keberhasilan Bapak/Ibu/Saudara mendorong, membimbing, dan memberikan semangat kepada Ananda tercinta untuk menyelesaikan studi dengan prestasi yang membanggakan.

3  

Kami pun menghaturkan terima kasih atas kepercayaan para orang tua, wali, dan masyarakat yang diberikan kepada UNNES menjaditempat studi program diploma, sarjana, pendidikan profesi, magister, dan doktor bagi putra-putri dan handai taulan Bapak/Ibu dan Saudara sekalian. Anda semua adalah bagian yang tak terpisahkan dari keluarga besar UNNES dalam naungan Rumah Ilmu Pengembang Peradaban.

Kami memiliki komitmen untuk mendidik dan melayani mahasiswa UNNES di atas standar nasional pendidikan tinggi dan bahkan kami terusmengembangkan hingga mencapai standar internasional. Harapannya,UNNES mampu bersanding dan syukur bisa bersaing dengan perguruan tinggi di dunia. Cita-cita besar UNNES tersebut dapat segera dicapai manakala pada era disrupsi ini seluruh warga UNNES termasuk alumni (yang diwisuda hari ini) menghias diri dengan multi kecakapan abad 21.

Bangsa-bangsa di dunia menyambut masa depan dengan antusias sekaligus cemas. Perubahan yang sangat cepat melahirkan berbagai kebaruan yang mencengangkan. Teknologi berkembang demikian cepat, menawarkan berbagai kemudahan hidup. Di sisi lain, perubahan tersebut menciptakan ketidakpastian sehingga masa depan justru makin sulit diramalkan.

Bonus demografi menjadi salah satu modal yang membuat bangsa Indonesia optimis menghadapi masa depan. Prediksi sejumlah lembaga internasional menunjukkan bahwa bangsa Indonesia akan semakin mapan dan kuat. Oberman et.al dalam McKinsey Global Institute (2012) meramalkan Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-7 dunia pada 2030. Adapun Pricewaterhouse Coopers (2017) meramalkan Indonesia menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-4 dunia pada 2050.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment