Monday 24 June 2019

Mahasiswa Jepang Sabet Mayoritas Juara Nihongo Benron Taikai ke-9 Jateng

Seleksi Jawa Tengah Pidato Nasional Bahasa Jepang Nihongo Benron Taikai ke-9 dilangsungkan di LP2M UNNES, Sabtu (22/6). Universitas Negeri Semarang berkolaborasi dengan Japan Foundation untuk menyelenggarakan lomba bergengsi ini.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FBS Dr Syahrul Syah Sinaga MHum. Turut hadir kaprodi Pendidikan Bahasa Jepang sekaligus Kepala Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Dr Rina Supriatningsih MPd.

Sebelum lomba dimulai ada pengenalan juri dan penjabaran peraturan. Juri pertama adalah ketua Nihonjinkai Semarang sekaligus Presiden Direktur PT AST Indonesia Hiroyuki Miyazaki, juri kedua Tatang Hariri PhD dosen Universitas Gajah Mada, dan Dedi Suryadi PhD dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Seleksi ini diikuti oleh 12 peserta dari umum, LPK, hingga mahasiswa dari berbagai universitas se-Jawa Tengah. Lomba ini memperebutkan 3 posisi juara dan 2 posisi juara harapan. Setelah mempersembahkan kemampuan terbaik berbahasa Jepang didalam pidato, diperolehlah para jawara.

Mahasiswa Bahasa Jepang UNNES menyabet 3 dari 5 posisi juara. Aditya Rafif Ardana (Juara 1), Zahra Ul Khasanah (Juara 2), dan Ade Falach Abianto (Juara harapan 1). Sisanya Wisma Annisya Caesara dari umum mengisi juara 3 dan Fikri Ramadhan dari UNSOED.

Para jawara mendapat trofi, buku-buku, dan berbagai barang lainnya. Juara 1 akan mewakili Jawa Tengah pada Nihongo Benron Taikai tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta, 21 Juli 2019.

Agung Setyo Nugroho (Student Staff)


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment