Friday 21 June 2019

Sajikan Gagasan Bertajuk Kearifan Lokal, Bagja Riyanto Juarai LEN di UKI Jakarta

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Bagja Riyanto berhasil menyabet juara 1 pada Lomba Esai Nasional (LEN) yang diselenggarakan oleh Departemen Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan pada Jumat (14/6), Bagja berhasil meneguhkan diri dan unggul dari finalis lainnya.

“Indonesia sebagai negara kepulauan telah diakui dunia internasional melalui konvensi hukum laut PBB ke tiga, United Nation Convention on the Law of the Sea 1982 (UNCLOS 1982), keberadaan laut menjadi penopang ekonomi masyarakat. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sekitar 7,87 juta jiwa atau 25,14 persen dari total penduduk miskin nasional menggantungkan hidupnya dari laut,” papar Bagja saat ditanya mengenai latar belakang gagasan yang disajikannya.

Mereka, tambahnya, tersebar di 10.666 desa pesisir yang berada di 300 dari total 524 kabupaten dan kota se-Indonesia. Dilihat dari faktor kelautan Indonesia sangat berpeluang menjadi negara yang maju dan besar.

“Latar tersebutlah yang membuat saya mengusung judul ‘The Development of Nautical Tourism (Dev-Natur): Pemanfaatan Sebuah “Larangan” Berbasis Socialculturetoursim Guna Memberantas Kemiskinan Kabupaten Tegal di Era Industri 4.0’ sebagai karya tulis untuk menjelaskan gagasan saya,” jelas Bagja.

Selain Bagja, tercatat Juara 2 berhasil diraih oleh delegasi UNNES (Fakultas Hukum), juara 3 oleh IAIN Metro, juara harapan 1 oleh ITB dan juara harapan 2 oleh Unesa.

Selain berkompetisi, acara tersebut juga dimeriahkan dengan seminar yang bertema Generasi Milineal dan Era Industri 4.0.

Dwi Hermawan (Student Staff)


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment