Thursday 27 June 2019

UNNES Luluskan 1.380 Wisudawan

Universitas Negeri Semarang (UNNES) menggelar wisuda priode II tahun 2019. Kegiatan tersebut berlangsung dua hari, Rabu dan Kamis (27 dan 28 Juni 2019) di Auditorium Kampus UNNES Sekaran Gunungpati Semarang.

Hari pertama Kamis (27/6) diikuti Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 173 orang, FBS (215 orang), FMIPA (141 orang), dan Pancasarjana 28 orang Doktor, 141 orang Magister.

Sedangkan untuk hari kedua Jumat (28/6) besok, diikuti FIS (116 orang), FT (147 orang), FIK (172 orang), FE (149 orang), dan FH (98 orang).

Lulusan terbaik peringkat I yakni Ramllah Prodi Pendidikan Ekonomi (S1) dengan IPK 3,94,  Peringkat II Kusjuriansah Prodi Pendidikan Fisika (S1) IPK 3,93, dan peringkat III Septian Cipto Nugroho Prodi Pendidikan Sendratasik (Pendidikan Seni  Musik) S1 IPK 3,92.

Kemudian, Ni Putu Era Marsakawati Prodi Ilmu Pendidikan Bahasa (Bahasa Inggris) S3 IPK 4,00, Ayon Diniyanto Prodi Ilmu Hukum (S2) IPK 4,00, dan Wahyu Edy Setiansyah Prodi Surve dan Pemetaan Wilayah (D3) IPK 3,57.

Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat memberi sambutan menyampaikan, sebentar lagi Saudara akan meninggalkan kampus untuk berpetualang di dunia yang lebih luas peluang dan tantangannya. untuk itu, saya berharap rasa bangga terus Saudara pupuk dan gelorakan kepada dunia, sehingga UNNES mampu mendunia.

Prof Fathur menjelaskan, tradisi prestasi dan reputasi UNNES yang perlu Saudara kabarkan kepada dunia diantaraya UNNES sebagai PTN unggul yang dikukuhkan dengan pencapaian akreditasi perguruan tinggi (APT) A. Dari 4.674 PT di Indonesia, hanya 85 PT yang terakreditasi A (unggul), UNNES termasuk di dalamnya.

UNNES peringkat kampus terhijau berada urutan 5 nasional dan 85 dunia. Untuk kategori pendidikan karakter UNNES berada peringkat 1 di Indonesia dan 13 dunia dan jumlah prodi terakreditasi unggul sebanyak 64%.

Pada ajang bergensi Sinta Award tahun 2019 UNNES dinyatakan sebagai institusi dengan jurnal terbanyak terindeks di Sinta (96 Jurnal).

Tata kelola UNNES dinyatakan sebagai PTN BLU terbaik II se-Indonesia dan tata kelola keuangan berpredikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 8 tahun berturut-turut. Reformasibirokasi UNNES masuk pada 10 terbaik nasional.

Prestasi terbaru, UNNES ditempatkan sebagai PTN Terfavorit No. 6 SNMPTN dan No. 5 SBMPTN tahun 2019.

Berbagai capaian UNNES saat ini terus memacu kami untuk berlari dan bahkan melompat agar lebih baik, kata Prof Fathur.

Ke depan, kami terus berkomitmen untuk menjadi PTN Unggul dengan semangat mendorong mahasiswa untuk  Lulus Tepat Waktu,  IPK  tinggi, Bela Negara, Berjiwa Kewirausahaan, dan Berkarakter Konservasi. Kami pun selalu mohon dukungan dan doa restu dari Bapak/Ibu/ Saudara sekalian agar UNNES tetap istiqomah untuk mencapai visi sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional, pungkasnya.

Guru Besar Fakultas Kelautan dan Perikanan IPB, Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri MS juga (Mantan Menteri Perikanan & Kelautan Republik Indonesia) saat orasi ilmiah dengan judul Meningkatkan Kompetensi, Integritas, Dan Keberhasilan Lulusan UNNES Di Era Revolusi Industri 4.0.

Prof  Rokhmin menyampaikan, bila saudara ingin hidup sukses dan bahagia di dunia dan akhirat  maka saudara harus beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME,  memiliki kompetensi IPTEK sesuai dengan bidang ilmu, harus sehat, cakap, terampil, kreatif, dan mandiri. Kemudian harus berakhlak mulia dan berbudaya luhur.

Di era Industri 4.0 hampir semua aspek kehidupan di dunia ini sangat tidak menentu dan tidak bisa diperkirakan sebelumnya. Era Industri 4.0 yang bercirikan perubahan yang super cepat di semua aspek kehidupan manusia yang disebabkan oleh kemampuan teknologi, untuk itulah harus melakukan inovasi secara berkelanjutan.  Yakni mulai sekarang kita harus membekali diri dengan kemampuan untuk melakukan ”disruptive innovations”.  Yakni, kemampuan untuk dapat mengantisipasi setiap perubahan yang bakal terjadi secara super cepat, kemudian bagaimana memanfaatkan dan mengelola perubahan itu bagi keberhasilan hidup kita, kemaslahatan bersama, kemajuan dan kesejahteraan bangsa kita, dan untuk dunia yang lebih baik (for a better world).


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment