Friday 22 January 2016

Unnes Bertengger di Jajaran Universitas Terhijau di Indonesia

Unnes menempati urutan ke empat dalam jajaran universitas terhijau di Indonesia. Daftar universitas terhijau diumumkan kembali oleh Universitas Indonesia dalam rilis terbaru UI Greenmetric Ranking 2015 yang diterbitkan 22 Januari 2016 ini. UI Greenmetric mengurutkan 407 universitas dari 65 negara dengan dengan menggunakan enam kriteria universitas hijau. Ke enam indikator universitas hijau itu adalah: pengaturan lingkungan, pengelolaan perubahan iklim dan energi, pengelolaan limbah, pengelolaan air, transportasi hijau dan pendidikan kesadaran lingkungan.

Di tingkat dunia, urutan lima besar universitas terhijau UI Greenmetric adalah sebagai berikut: University of Nothingham (Skor: 7267), University of Connecticut (7156), University of California, Davis (7134), University College Cork National University of Ireland (7070), dan University of Oxford (6963).

Di tingkat nasional, berikut adalah urutan lima besar: Universitas Indonesia (6157), Institut Pertanian Bogor (6130), Universitas Diponegoro (5989), Universitas Negeri Semarang (5792) dan Universitas Sebelas Maret (5445).

Rektor Unnes, Prof Dr Fathur Rokhman MHum, menyampaikan rasa syukur bahwa Unnes masih diakui sebagai salah satu universitas terhijau di Indonesia. Rektor optimis pada tahun 2017 peringkat Unnes akan meningkat seiring dengan selesainya proyek pembangunan fisik yang sedang berlangsung, penataan lingkungan yang lebih intensif, pengelolaan transportasi hijau yang lebih profesional dan pengelolaan limbah yang lebih berkesinambungan.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment