Friday 29 January 2016

Dekatkan Kampus-Pesantren, Rektor Silaturahmi ke API Tegalrejo

Kampus dan pesantren memiliki kesamaan mendasar sebagai institusi pendidikan. Tugas kedua lembaga ini sama, yaitu mencerdaskan dan memberikan pencerahan kepada masyarakat. Oleh karena itu, kampus dan pesantren dapat saling bekerja sama.

Untuk merekatkan hubungan antara perguruan tinggi dengan pesantren, Rektor Prof Dr Fathur Rokhman mengunjungi Pesantren Salaf Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Magelang. Selain menjajaki kerja sama dalam pengembangan keilmuan, Rektor juga menyosialisasikan penerimaan mahasiswa baru Unnes kepada santri, Jumat (29/1).

Rektor mengungkapkan agar santri yang berprestasi supaya masuk ke perguruan tinggi. Dengan begitu, kata Rektor, akses keilmuan santri akan semakin berkembang sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Tawaran ini disambut baik oleh pengasuh Pesantren API Tegalrejo K.H. Muhammad Yusuf Chudlori. Menurut kyai yang akrab disapa Gus Yusuf itu, selama ini kampus dan pesantren berjarak karena dikotomi “ilmu dunia” dan “ilmu akhirat”. Dikotomi itu, menurutnya, kurang tepat karena hakikatnya setiap ilmu adalah milik Tuhan.

 


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment