Tuesday 16 June 2015

Suci Anak Kuli Bangunan Wisudawan terbaik Unnes


Keterbatasan ekonomi merupakan hal yang menghantui sebagian orang tua ketika anaknya merengek minta melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Apalagi bagi sebagian orang tua yang kurang informasi.
Seperti yang dialami Sucipto Sumaryo (50) dari Banjarnegara, ayah Suci Yuli Priyanti, putri seorang kuli bangunan, tukang batu, dan tenaga srabutan  asal Banjarnegara kebingungan saat putrinya pingin melanjutkan kuliah lantaran keterbatasan biaya.

Kebimbangan itu terdengar sampai ke guru-guru SMK Suci sekolah. Alhasil guru-guru Suci bisa memberi motivasi ke dua orang tua Suci, Sucipto Sumaryo dan Salimah (45) untuk mendaftar di Unnes karena ada beasiswa bidikmisi khusus bagi orang tua yang kurang mampu secara ekonomi.

“Alhamdulillah saya diterima di Unnes lewat jalur SNMPTN dengan beasiswa bidikmisi,” kata Suci. Suci merupakan wisudawan terbaik Unnes periode II 2015 dengan raihan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,94 tertinggi untuk jenjang S-1, Senin (15/6) di auditorium kampus Sekaran.

Suci merupakan program studi akuntansi diwisuda  beserta 1.459 wisudawan lainnya, terdiri atas 1.255 Sarjana (S1), 118 Magister (S2), 14 Doktor (S3), 38 Diploma (D3) dan 34 Program Pendidikan Profesi (PPG SM-3 T).

Menurut Sucipto dan istrinya, selama Suci kuliah di Unnes sampai lulus belum pernah menengok purtinya ke kost nya lantaran keterbatasan dana. Baru kali ini ke kampus katanya diundang pak Rektor bahwa Suci diwisuda dan lulus terbaik.

“Sudah dua bulan ini nganggur tidak bekerja, jadi ya beginilah kalau lagi sepi pekerjaan,” tutur Sucipto saat  duduk sejenak di ruang transit Auditorium Unnes.

Bak gayung bersambut, Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum atas nama Unnes memberi penghargaan kepada ayah Suci untuk besempatan kerja pada proyek pembangunan sejumlah gedung di Unnes Kampus Sekaran. Proyek yang dibiayai Islamic Development Bank tersebut masih akan berlangsung hingga November 2015 mendatang.

Rektor Prof Fathur secara simbolis menyerahkan perlengkapan kerja secara aman berupa helm, kaos, dan sepatu kepada Sucipto didampingi Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Prof Rustono, Prof Sukestiyarno (PR IV), dan Dr Martono ((PR II).


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment