Monday 2 October 2017

Zulkifli Hasan, Pentingnya Implementasi Empat Pilar Kebangsaan Bagi Mahasiswa

MPR RI kembali melakukan safari sebagai salah satu upaya menanamkan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara kepada mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES). Sosialisasi dilakukan oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Senin (2/10), di audit Prof Wuryanto UNNES.

Ia menyampaikan, pentingnya implementasi empat pilar dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika menjadi kunci pedoman dalam membangun karakter bangsa.

Tetapi, untuk mencapai hal tersebut, sosialisasi harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Dengan begitu, kita tidak akan mudah terpengaruh oleh hal-hal buruk, seperti terorisme dan radikalisme.

Membangun karakter bangsa itu tidak ada habisnya, pembangunan karakter akan terus berlanjut sepanjang zaman. Oleh sebab itu, pendekatan yang berbeda diperlukan untuk menghadapi perubahan.
Diakhir acara beliau berpesan kepada mahasiswa UNNES, jika pilar-pilar ini diimplementasikan secara benar, maka Indonesia akan menjadi negara yang damai dan makmur. Bahkan, tindakan korupsi pun bisa diberantas.

Saat memberikan sambutan Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menjelaskan, UNNES mempertahankan Pendidikan Pancasila sebagai mata kuliah untuk mendukung pembangunan karakter mahasiswa.

Prof Fathur menjelaskan, dari dulu sampai sekarang, Pendidikan Pancasila tetap menjadi mata kuliah dasar umum (MKDU) di UNNES. Artinya, Pendidikan Pancasila menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa di seluruh fakultas dan program studi yang ada di universitas konservasi.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment