Sunday 28 October 2018

Pascasarjana UNNES Siapkan Mahasiswa Hadapi Revolusi Industri 4.0

Pascasarjana Univeritas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan Seminar nasional “Akselerasi Peningkatan Mutu Pendidikan pada era Disrupstif” di Aula Pascasarjana Univesitas Negeri Semarang (UNNES), Sabtu (27/10).

Salah satu tujuan seminar ini adalah menyiapkan mahasiswa untuk menhadapi perubahan teknologi secara ekstensif dan cepat ditengah begitu dinamisnya masyarakat di era disrupsi digital harus dipersiapkan masyarakat dengan kemampuan literasi baru. Oleh karena itu membutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya mengandalkan kemampuan teknis saja.

Pendidikan di Indonesia  sedang mengalami tantangan era revolusi industri 4.0. Ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah dunia sebagaimana revolusi merupakan perubahan yang revolusioner dari penggunaan sistem manual ke otomastis.

Saat menyampaikan paparan Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan, bagaimana mempersiapkan dosen era revolusi industri 4.0. Ciri dosen yang siap menghadapi era ini adalah dosen yang mempunyai kompetensi inti keilmuan (Core Competencies) yang kuat

Dosen sebagai profesi semakin kompetitif yang harus mempunyai peran . Namun lulusan terbaik banyak yang memilih masuk ke sektor lain. Dosen harus mempunyai peran kepada mahasiswanya antara lain penebar passion dan menginspirasi mahasiswa, bisa menjadi teman bagi mahasiswa, mempunyai teladan karakter,

Senada dengan Rektor UNNES, Direktur Pascasarjana UNNES Prof Dr Ahmad Slamet MSi mengungkapkan, Pascasarjana UNNES harus mampu menyiapkan lulusan pascasarjana guna menghadapi revolusi industri 4.0.

Tantangan di era ini cukup besar salah satunya adalah masuknya perguruan tinggi luar negeri, Saya berharap dengan seminar dengan pembicara direktur Pascasarjana UNIMED, UNP, UNDIKSA, UNM, UNNES, UNESA ini mampu memberikan pencerahan mahasiswa Pascasarjana guna menghadapi tantang kedepan.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment