Wednesday 31 October 2018

Dosen FE UNNES Jadi Penulis Artikel dan Presenter Terbaik

Universitas Negeri Semarang (UNNES) selalu meningkatkan budaya berprestasi pada civitas akademiknya. Beberapa prestasi sudah dicapai oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa ditingkat Nasional dan Internasional.

Kali ini, Agung Kuswantoro dosen Fakultas Ekononi (FE) menjadi penulis artikel dan presenter terbaik pada tema Manajemen Perkantoran dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Ajang tingkat “Nasional” ini diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan mengangkat tema “Kesiapan Administrasi Perkantoran Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”,  Sabtu (27/10/2018).

Peserta dan pemakalah diantaranya berasal dari Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Politeknik Negeri Madiun, Universitas Islam Riau, Universitas Kriten Satya Wacana Salatiga, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Metro, dan Universitas Sebelas Maret.

Ada 3 pembicara utama dalam kegiatan ini yaitu Prof Dr Tjuju Yuniarsih, Dr Indra C Uno, dan Dr Hery Sawiji MPd.

Agung Kuswantoro mempresentasikan makalah bertema “Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Menulis Modul/Bahan Ajar pada MGMP Perkantoran Kabupaten Kudus”.

Menurut Agung, latar belakang makalah tersebut yaitu banyak modul yang digunakan guru, namun bersumber dari internet dengan alamat website tidak jelas. Sehingga, kreativitas guru dalam menyalurkan ilmunya kurang sesuai dengan teori/materi yang seharusnya. Kebenaran akan isi yang bersumber dari alamat website yang tidak jelas perlu dicek.

Oleh karenanya, guru perlu ditingkatkan kompetensi profesionalismenya melalui menulis modul. Model yang digunakan adalah “free writing”. Guru menulis “bebas” dari materi yang diajarkan.

Paper yang dipresentasikan oleh Agung menjadikan Prof Dr Wiedy Murtini MPd selaku reviewer memutuskan untuk terpilih menjadi artikel dan presenter terbaik pada tema Manajemen Perkantoran dan SDM.

 

 

 

 

 

 


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment