Saturday 15 August 2020

Dorong Kepercayaan Diri Mahasiswa, FIS UNNES Selenggarakan Pelatihan Public Speaking

Sebagai Rumah Ilmu Pengembang Peradaban, Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah banyak mencetak tenaga profesional yang berdedikasi tinggi.

Langkah ini UNNES lakukan melalui pembekalan keterampilan bagi mahasiswanya. Keterampilan tersebut meliputi kemampuan menulis karya tulis ilmiah, manajemen waktu, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan public speaking.

Hal tersebutlah yang menjadi latar penyelenggaraan kegiatan pelatihan public speaking oleh Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNNES pada Rabu (12/8).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan melalui  platform Zoom Meeting ini, hadir sebagai narasumber Krisna Phiyastika SSi MPd dan Aries Ardian.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Dosen Jurusan Politik dan Kewarganegaraan Tutik Wijayanti SPd MPd ini, mendapatkan apresiasi dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Eva Banowati MSi.

Dalam sambutannya, Prof Eva menjelaskan Public Speaking  memiliki peran penting dalam mendorong terjadinya komunikasi yang efektif dan efisien.

“Berbicara didepan umum bukanlah hal yang mudah, saya saja saat ini ketika memberikan sambutan kepada peserta masih belum sempurna dalam berbicara di depan umum, maka dari itu pelatihan Public Speaking  akan sangat bermanfaat bagi kita guna melatih dan membiasakan diri untuk berani berbicara di depan umum agar penyampaian menjadi efektif dan efisien,” ungkap pakar Ilmu Geografi Sosial tersebut.

 

Momentum Pelatihan

Pada kesempatan itu, Krisna Phiyastika SSi MPd menekankan pentingnya Public Speaking bagi mahasiswa dan penggunaanya dalam dunia kerja.

“Untuk melakukan Public Speaking sebenarnya dasar-dasarnya di mana pun itu sama, hanya saja masing-masing individu memiliki pembawaan yang berbeda-beda,” papar Krisna Phiyastika SSi MPd.

Menurutnya ada empat hal penting bagi pemula dalam belajar Public Speaking. Pertama, know the material yakni memahami apa yang akan disampaikan. Kedua, know the audience yaitu mengetahui siapa saja yang akan menjadi audiens kita. Ketiga, know the room dengan mengetahui dimana kita akan presentasi dan memberikan materi. Keempat, know your self yang menjadi kunci dari tiap presentasi, hal ini bisa dilakukan dengan mengetahui seberapa siap kita dalam menyampaikan materi dan kesiapan apa saja yang telah kita miliki untuk menyampaikan materi.

“Dengan memperhatikan empat dasar itu kita sudah bisa untuk melakukan Public Speaking di depan banyak orang dan menjadi seorang Public Speaker,” imbuh Krisna.

Kemudian, materi dilanjutkan oleh Aries Ardian yang memberikan tips seputar berbicara di depan umum.

“Ada beberapa metode yang bisa teman-teman gunakan diantaranya Impromtu, Reading Complete Text/Naskah, Memoriter/Memorizing/Hafalan, dan Extempore/Using Note,” jelas Presenter TVRI tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dan narasumber. Kemudian diakhiri dengan pelatihan oleh para peserta untuk melakukan Public Speaking di depan narasumber secara langsung.

Pelatihan ini diharapkan dapat mendorong dan memotivasi para peserta untuk percaya diri dalam melakukan Public Speaking.

UNNES terus berkomitmen penuh untuk tetap eksis menjadi garda terdepan dalam bidang ilmu dan pengetahuan. Eksistensi ini, UNNES tunjukkan melalui penyelenggaran pelatihan yang diharapkan mampu menjadi wadah pertukaran ilmu dan pengetahuan.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment