Tuesday 18 August 2020

BEMKM Selenggarakan UNNES Great Teacher

UNNES Great Teacher merupakan salah satu program kerja dari kementrian BEM KM UNNES 2020 pada Kabinet Peran Millenial, program pengabdian ini difokuskan pada bidang Pendidikan dan ke sosial masyarakatan, dimana dari kementrian ini merekrut mahasiswa-mahasiswa terbaik UNNES pada tingkat sarjana untuk menjadi relawan pengabdian di suatu desa terpencil wilayah Semarang, tepatnya di Dusun Kedungglatik, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang untuk turut membagikan ilmunya, utamanya dalam bidang Pendidikan.

Terlepas dari adanya dampak covid yang diberikan, segala kegiatan pengabdian dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan penerapan langkah cuci tangan secara rutin.

Menurut Tri Sandi Ambarwati Selaku Menteri Pengabdian Masyarakat BEMKM UNNES, Program pengabdian bernama UNNES Great Teacher atau lebih akrab disingkat UGT ini, sudah berjalan sejak tahun 2015 dan masih berlangsung hingga tahun ini. Pada tahun 2020, penerjunan relawan yang berjumlah 9 ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2020, kegiatan masih berjalan dengan baik dan lancar, dan harapannya akan terus lancar hingga penarikan relawan nanti pada tanggal 20 Agustus 2020.

“Karena difokuskan pada bidang Pendidikan, sistem pengajaran yang dilakukan para relawan ialah dengan memberikan bimbingan belajar kepada anak-anak, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Tri Sandi Ambarwati.

Beberapa program Pendidikan yang diberikan antara lain :
1. Pembimbingan Belajar siswa sekolah pada rentang sekolah dasar kelas 1 hingga kelas 6
2. Pelatihan ektrakulikuler tari
3. Pelatihan ekstrakulikuler olahraga, antara lain; sepakbola dan voli
4. Pembimbingan TPQ anak-anak dusun Kedungglatik.

Beberapa program sosial masyarakat yang sudah dilakukan antara lain :
1. Penyuluhan GERMAS
2. Edukasi Covid dan New Normal
3. Edukasi protokol Kesehatan
4. Penyemprotan desinfektan
5. Senam aerobic rutin setiap pagi ibu-ibu, anak-anak dan relawan
6. Kerja bakti bersih desa dan masjid
7. Pengajian rutinan ibu-ibu
8. Cek Kesehatan gratis kepada warga
9. Sowan tokoh masyarakat dusun Kedungglatik.

“Baru-baru ini pula telah dilaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus 2020 bersama anak-anak binaan bimbingan belajar UGT dengan relawan UGT 2020 dengan tujuan memberikan pemaknaan arti frasa “merdeka” kepada anak-anak. Merdeka dalam hal apapun; merdeka dalam belajar, merdeka dalam meraih cita-cita dan pengharapan; serta merdeka dalam membentuk karakter,” kata Tri Sandi Ambarwati


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment