Friday 23 January 2015

Prof Khoirul Anwar Penemu Teknologi 4GOrang Kediri


Tokyo, sekitarunnes.com - Di Jepang banyak warga Indonesia berprestasi internasional. Salah satunya Profesor Khoirul Anwar yang lahir tahun 1978 di Kediri, Jawa Timur. Dialah penemu 4G (fourth-generation technology).

Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada standar
generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G
merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sistem
4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai
perlengkapan elektronik, seperti telepon pintar dan laptop
menggunakan modem USB dan teknologi ini telah dipatenkan
di Jepang dan global olehnya.

"Saya ingin pulang ke Indonesia tidak di Jepang. Dulu saya
melamar jadi dosen ITB tetapi pas ujian masuknya saya lagi
haji jadi tak bisa ikut ujian masuk dosen ITB," kata Profesor
Khoirul Anwar khusus kepada Tribunnews.com, Kamis
(22/1/2015) pagi.

Keinginan pulangnya ke Indonesia dan mendapat pekerjaan
yang layak bukan karena uang.

"Kalau uang sih, rasanya sulit di Indonesia mempekerjakan
saya dengan gaji yang sama seperti di Jepang. Saya tidak
melihat ke soal uang, tetapi melihat tempat kerja yang bisa
pas buat saya, bisa fokus dalam mengabdikan ilmu di
Indonesia, misalnya bekerja di Universitas yang besar seperti
ITB," katanya.

Lulusan ITB Bandung Jurusan Teknik Elektro dengan predikat
cumlaude di tahun 2000 ini mendapat beasiswa Panasonic
Jepang untuk melanjutkan S2 di Nara Institute of Science
and Technology (NAIST) Jepang dan lulus pada tahun 2005.
Selanjutnya dia mendapatkan beasiswa melanjutkan kuliah S3
dari perusahaan Jepang di kampus yang sama. (*)

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

Sumber :  jateng.tribunnews.com  

No comments:

Post a Comment