Tuesday 27 January 2015

#KisahNyata Besarnya Pengorbanan Orang Tua Untuk Anak

sekitarunnes.com - Pengorbanan ? Apasih pengorbanan itu ? Menurut aku pribadi pengorbanan adalah semua usaha yang dilakukan tanpa mengenal lelah dan tak berharap pembalasan. Yahhh ini sih menurut aku ya, nggak tau kalau menurut kalian.
     
Yahh disini aku ingin bercerita sedikit sih mengenai betapa besarnya pengorbanan orang tua kepada anaknya. Yang namanya orang tua pasti menyayangi anaknya dan rela mengorbankan semuanya untuk anak yang mereka sayangi. Tapi orang tua menunjukkan rasa kasih sayang kepada anaknya itu beda-beda, ada yang memanjakan anaknya, ada juga yang mendidik anaknya dengan keras supaya anaknya kelak menjadi anak yang mandiri. Mungkin kalian tak pernah menyadari betapa besarnya pengorbanan orang tua yang dilakukan untuk kalian hingga saat ini, yah mungkin sampai kalian lulus sekolah ataupun lulus kuliah. Orang tua kalian rela menunda keinginannya karna mereka lebih memilih untuk membahagiakan anaknya. Misalnya saat Lebaran ada orang tua yang rela tidak membeli baju baru asalkan anaknya bisa membeli baju baru supaya tidak diejek teman-temannya, yah namanya orang tua ya nggak rela bila liat anaknya sedih. Dan ada juga orang tua yang rela memakai baju yang sobek-sobek dan tak layak pakai asalkan anaknya tetap berpakaian yang pantas jangan sampai anaknya juga berpakaian seperti mereka. Tapi kebanyakan anak tak pernah menyadarinya, misalnya ada anak yang maksa-maksa orang tuanya minta dibeliin motor ninja kalau nggak dibeliin mogok buat masuk sekolah tapi si anak nggak melihat kemampuan orang tuanya padahal bapaknya hanya bekerja sebagai buruh tani dan ibunya hanya ibu rumah tangga. Bisa dibayangkan berapa besar sih upah buruh tani itu, sedangkan anaknya maksa minta dieliin motor ninja yang tau sendiri lah berapa duit yang harus dikeluarkan untuk beli motor, seorang buruh tani aja bersyukur udah bisa makan tiap harinya dan bisa membiayai sekolah anaknya sampai SMA, tetapi si anak tak pernah menyadarinya. Nah kejadian ini nyata terjadi, si anak benar-benar mogok nggak mau sekolah beberapa hari sehingga orang tuanya dipanggil ke sekolah, dan si bapak menjelaskan kepada guru sekolahnya alasan kenapa anak itu mogok sekolah, dan dari cerita si bapak itu membuat guru disekolahnya prihatin dengan kelakuan si anak yang tak pernah bisa mengerti keadaan orang padahal disini orang tua rela sekali mengorbankan semuanya bahkan nyawapun rela dikorbankannya demi membahagiakan anaknya.
 
     Dan ada lagi, aku pernah melihat bapak-bapak yahh udah lumayan tua sih.. Bapak itu pergi ke counter hp bersama anak perempuannya karna anaknya minta dibeliin hp baru, dan yang aku tau bapak itu membayar hp nya dengan uang lembaran sepuluh ribu seharga hp yang diinginkan anaknya itu. yahh sedikit terharu sih liat bapak-bapak yang bisa dikatakan udah tua itu membelikan hp anaknya dengan uang lembaran sepuluh ribu itu, yah mungkin dari upah tiap hari yang ditabung dan uang itu dipakai untuk membelikan apa yang diinginkan anaknya dan menunda untuk membeli apa yang mereka inginkan karna bagi orang tua anak adalah yang utama.
 
     Dan terkadang aku nggak habis pikir sama anak-anak yang suka memaksa orang tuanya untuk menuruti semua kebutuhan dan mengancam ingin bunuh diri atau apalah bila keinginannya tak diturutin.
 
     Kebanyakan anak memang tak menyadari betapa besarnya pengorbanan orang tuanya yang rela melakukan apa saja demi anaknya, yang mungkin rela kerja banting tulang siang malam untuk mencukupi kebutuhan anaknya. Terkadang juga ada pula anak yang marah-marah dan ngambek pada orang tuanya karna keinginan mereka tak diturutin. Padahal ya, setau aku kalau orang tua mampu pasti semua keinginan anaknya diturutin karna anak adalah yang utama. Disini aku hanya menyarankan pada kalian jika kalian ingin sesuatu dan orang tidak bisa memenuhinya saat itu, sabar saja dulu jangan terus marah-marah dan ngambek pada orang tua kalian dan lihat dulu keadaan orang tua kalian apakah mampu tidak memenuhi keinginan yang kalian mau itu. Karna orang tua akan memberikan semua yang kalian inginkan bila mereka mampu, besar pengorbanan orang tua yang mereka lakukan untuk anaknya tetapi betapa sadisnya kita yang tak bisa memahami betapa besar pengorbanan mereka untuk kita. Dan saran aku juga jangan nuntut yang aneh-aneh pada orang tua yahh,karna itu menambah beban pikiran orang tua kalian padahal orang tua kalian uadah banyak sekali pikiran yang kalian tak tau dan kalau bisa jangan membuat mereka kecewa dengan diri kalian buatlah mereka bangga dengan apa yang kalian lakukan. Orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. :)
 
Penulis :

No comments:

Post a Comment