Tuesday 28 January 2020

Prof Fathur; Kepemimpinan Butuh Kepercayaan dan Bergerak Cepat Menggapai Visi Besar

Universitas Negeri Semarang (UNNES) melaksanakan pelatihan kepemimpinan bertumbuh untuk pengurus Lembaga Kemahasiswaan (LK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UNNES di Gedung Auditorium Prof Wuryanto, Sekaran, Gunungpati Selasa (28/1).

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III) Dr Abdurrahman MPd, menyampaikan tujuan pelatihan untuk memberi arahan dan diskusi agar mahasiswa bisa mempercepat proses kepemimpinan.

“Mahasiswa UNNES harus mempunyai jiwa kepemimpinan, fungsi pelatihan ini untuk mempercepat proses kepemimpinan,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan.

Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman MHum dalam kesempatan ini menjadi pemateri pelatihan kepemimpinan bertumbuh untuk pengurus Lembaga Kemahasiswaan (LK) UNNES.

Prof Fathur menyampaikan, di era disrupsi Universitas dibangun bukan dengan kekuatan melainkan kepercayaan dan kecepatan bergerak menggapai visi besar, untuk menggapai itu dibutuhkan Kepemimpinan Bertumbuh.

Prinsip Kepemimpinan Bertumbuh yang pertama menumbuhkan benih, memperkuat pohon kepemimpinan,merangkai jejaring pohon kepemimpinan, pohon kuat menghadapi badai, dan menyemai tunas kepemimpinan yang baru.

“setiap pemimpin harus memiliki benih yaitu visi, tumbuhkan dan perkuat dengan cara menambah literasi, kompetensi, budaya terpelajar, humanis, dan belajar sepanjang hayat, “ kata Prof Fathur Rokhman.

Labih lanjut, Prof Fathur mengatakan kepemimpinan bertumbuh di mulai dari Visi, dan dimulai hari ini. Pemimpin yang baik dia yang memiliki karakter seperti pohon yang menjulang tinggi. Pohon merupakan simbol kepemimpinan Bertumbuh, karena memiliki daya adaptif untuk bertahan hidup, merespon perubahan, dan semua unsur dalam pohon berjalin memberikan manfaat.

Acara dilanjutkan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Bahasa dan Seni Dr Hendi Pratama SPd MA memberikan pelatihan kepemimpinan bertumbuh.

Kegiatan ini diikuti 64 peserta terdiri atas anggota Lembaga Kemahasiswaan dan anggota UKM dan dihadiri oleh Wakil Rektor, seluruh Dekan dan wakil Dekan, Kabag, serta Ksubag UNNES.

Reporter : Fauzan / Student Staff


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment