Monday 27 January 2020

Pelatihan PAKERTI dan AA UNNES 2020, Berlatih dan Mendalami Kompetensi Pedagogis, Andragogis

Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan pelatihan Program Pengembangan Dasar Teknik Intruksional (PAKERTI) dan Applied Approach (AA) selama lima hari dimulai dari tanggal 27 s.d 31 januari 2020 di Gedung Prof Satmoko (LP3). Senin (27/1).

Kegiatan ini diikuti 52 peserta dari UNNES dan luar UNNES terdiri atas 10 dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), 15 dosen Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), 11 dosen Fakultas Matamatika Ilmu Pengetahuan Alam, 4 dosen Fakultas Teknik (FT), 6 dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), 3 dosen Fakultas Ekonomi, 1 dosen Fakultas Hukum, dan 2 dosen STPKAT Asisi. Kata Ketua Lembaga LP3 UNNES Dr Ngabiyanto M Si dalam laporan kegiatan.

Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman M Hum dalam sambutanya pentingnya untuk meningkatkan kompetensi dosen terutama Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Dosen yang bagus memiliki inovasi pendidikan dan penelitian. Keilmuan menjadi hilir yang kuat dalam pendidikan. UNNES memiliki Spirit Rumah Ilmu Pengembang Peradaban. Kegiataan yang terselenggara di UNNES harus didasarkan Ilmu yang kemudian dihilirkan ilmunya,” kata Prof Fathur Rokhman.

Lebih lanjut Prof Fathur menyampaikan, Prioritas tahun 2020 Pengembangan UNNES selaras dengan gagasan Presiden Republik Indonesia dan Mendikbud, yaitu SDM Unggul, Cerdas dan Berkarakter. UNNES menciptakan SDM Unggul salah satunya melalui pelatihan Program Pengembangan Dasar Teknik Intruksional (PAKERTI) dan Applied Approach (AA) bagi dosen agar menciptakanb Mahasiswa yang Unggul. Rektor juga mendorong akreditasi dan sertifikasi Prodi Internasional , meningkatkan inovasi , publikasi dan investasi. UNNES akan meningkatkan tata kelola kampus sehat, cedas dan melayani.

Pada kegiatan Pelatihan PAKERTI UNNES 2020, Rektor memberikan pengarahan menjadi dosen abad 21 meliputi dosen harus mempunyai Kompetensi Inti yang sesuai dengan kebutuhan industri 4.0 dan society 5.0, menguasi future skill untuk menghadapi industri 4.0 dan society 5.0, keterampilan sosial (termasuk 21st Century Teacher), kompetensi berinteraksi dengan budaya (multikultural), literasi baru (data, teknologi , dan manusia), dan belajar sepanjang hayat.

Dalam penutupnya, Prof Fatur mengatakan “Mudah-mudahan anda menjadi bagian penting dalam SDM Unggul UNNES, UNNES Mendunia Untuk Indonesia.”

Acara ini dihadiri Rektor, Ketua Majelis Profsor, Ketua Lembaga, Sekertaris LP3, Kabag, kasubag, dan pejabat terkait.

Reporter ; Fauzan (Student Staff)


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment