Wednesday 18 November 2015

Public Speaking ala Annisa Widayati Sastrowilogo

Menjadi pemimpin yang baik, tentu harus berani bicara di depan audience, termasuk saat berpidato, memimpin rapat, presentasi, dan juga saat mengajar. Itulah yang mendorong jurusan Pendididkan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengadakan Studium General di Gedung Serba Guna Fakultas Ilmu Keolahragaan, Rabu (18/11).

Ketua panitia Andry Akhiruyanto MPd mengatakan “kegiatan ini digelar setiap setahun sekali karena didalam mata kuliah PJKR ada mata kuliah Sport Jurnalism, sport Entertainer, dan Sport Entrepreneship yang akan menuntut guru untuk berbiacara di depan umum,” katanya.

Diikuti 247 mahasiswa PJKR semester 1 dan 3, Annisa Widayati Sastrowilogo menjadi pemateri tentang Public Speaking dalam kegiatan ini.

Menurut Annisa public speaking merupakan kemampuan berbicara di depan umum seperti memimpin rapat, pidato, ataupun saat presentasi yang harus dilatih secara terus menerus. “Untuk melatih public speaking, harus dilakukan terus menerus, tekun dan mencarilah kesempatan berbicara di depan umum, meskipun suara kita kurang menarik, tapi kita perlu melatihnya.”

“Ada bebarapa metode saat berbiacara didepan umum, yaitu dengan teknik menggunakan naskah seperti pidato presiden, metode hafalan (memoriter), dan juga metode spontanitas (impromtu),” tambah perempuan yang pernah bekerja di Metro TV tersebut.

“Tak hanya itu kita juga harus menghindari kecemasan, seperti melakukan persiapan dan latihan, menguasai materi dan juga menganggap demam panggung adalah hal biasa jika perlu menyanyilah,” ungkapnya sambil tertawa.

Sebelumnya dalam kegiatan yang sama, Caly Setiawan PhD juga menjadi narasumber yang memberikan materi Komparasi Praksis Penjas antara Indonesia dan United States.


from Universitas Negeri Semarang » Languages » Bahasa Indonesia

No comments:

Post a Comment