Tuesday 14 July 2020

Webinar Rumah Amal Laziz UNNES, Optimalisasi Pengelolaan Zakat di Perguruan Tinggi

Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan zakat, Rumah Amal Lazis Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan Webinar dengan mengusung tema “Optimalisasi Pengelolaan Zakat di Perguruan Tinggi” yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dan dan disiarkan langsung melalui canal Youtube UNNES, Selasa Pagi (14/7).

Ketua Rumah Amal Lazis, Dr Edy Purwanto MSi menyampaikan tujuan kegiatan Webinar untuk mengoptimalkan penghimpunan dan pendistribusian amal di lingkungan UNNES.

“Perlu kami sampaikan, tujuan acara ini adalah untuk mengoptimalkan peran Rumah Amal Lazis dalam perhimpunan dan pendistribusian amal, agar banyak manfaat yang disemaikan oleh Rumah Amal Lazis. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang sudah berkenan mengisi kegiatan, dan terima kasih kepada Rektor UNNES karena sudah mendukung Rumah Amal Laziz,” kata Dr Edy Purwanto.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan pemanfaatan Zakat UNNES disalurkan melalui Beasiswa Tahfidz, Beasiswa IBOA (Infaq Beasiswa Orangtua Asuh, Beasiswa Reguler, Beasiswa Bantuan UKT, Beasiswa Takmir Masjid Kampus, dan Beasiswa Pelajar SD SMP SMA.

Pada masa pandemi covid-19, Rumah Amal Lazis juga memberikan bantuan kepada mahasiswa, karyawan/tendik, pensiunan warakuwari, dan warga sekitar UNNES.

Prof Dr Ahmad Rofiq MA Wakil Ketua MUI Jawa Tengah sekaligus Guru Besar Hukum Islam Pascasarjana UIN Walisongo Semarang menyampaikan, dalam fungsi amil (rumah Amal) harus menjamin terlaksananya syariat zakat, melaksanakan pemerataan ekonomi, dan menyeleksi dan mengklasifikasi para mustahiq.

Selain itu, Drs Muhammad Agung Prabowo MSi Ph D Ak Ketua Lazis UNS Surakarta menyampaikan Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Sodaqoh di Perguruan Tinggi.

“Dalam menjalankan tugasnya LAZIS berkomitmen untuk menjalankan fungsinya sebagai jembatan antara muzzaki dan mustahik secara profesional. Salah Satu Komitmennya menyalurkan donasi dari para donatur kepada pihak yang benar-benar sesuai dengan ketentuan, sehingga dana yang terkumpul dapat tersalurkan sesuai dengan peruntukannya,” pungkas Ketua Lazis UNS.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment