Sunday 1 December 2019

UNNES Peringkat 175 Peringkat Universitas Terbaik se-Asia

Kemajuan akademik dan nonakademik yang dicapai Universitas Negeri Semarang (UNNES) membuatnya masuk dalam 200 besar peringkat universitas terbaik di Asia versi 4icu.

Dalam publikasi terbarunya, 4icu menempatkan Universitas Berwawasan Konservasi ini pada peringkat 175. Peringkat itu membuat UNNES berada di atas National Central University (Taiwan), Northeast Normal University (China), dan Ankara Üniversitesi (Turki).

Dalam daftar 200 universitas terbaik di Asia tersebut, hanya ada 15 perguruan tinggi Indonesia yang masuk.

Dalam dunia akademik, 4ICU merupakan salah satu lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia yang kredibel. Lembaga ini melakukan pemeringkatan perguruan tinggi dalam skala global, region, maupun masing-masing negara.

Sebagai kriteria, lembaga ini menjadikan beberapa poin pokok sebagai dasar penilaiannya terhadap lembaga-lembaga pendidikan tinggi yang ada. Pertama, perguruan tinggi yang mendapat lisensi atau akreditasi dari organisasi penilai di negara tersebut.

Selanjutnya, perguruan tinggi itu menawarkan program pendidikan mulai dari sarjana hingga pascasarjana, baik magister maupun doktoral. Ketiga, menyediakan pelatihan atau pengajaran yang menggunaan sistem pendidikan tradisional yang melibatkan interaksi langsung atau tatap muka dan tidak dilakukan dari jarak jauh.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengungkapkan, pemeringkatan ini menjadi bukti pengakuan dunia internasional terhadap kualitas UNNES. Pengakuan ini akan berdampak besar. Salah satunya membuat mahasiswa dan alumni UNNES memiliki akses lebih luas ke dunia internasional.

 


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment