Tuesday 3 December 2019

Bertengger di Posisi 71 Dunia UIGM, Mengokohkan Internasionalisasi UNNES

Universitas Negeri Semarang menduduki peringkat ke-71 sebagai kampus berkelanjutan dunia versi UI Green Metric World University Rankings 2019. Peringkat UNNES mengalami kenaikan signifikan karena pada tahun 2018 menempati peringkat ke-85 dunia. Raihan ini didapatkan karena komitmen pimpinan serta konsistensi UNNES dalam mengembangkan konservasi pada tiga pilar, yaitu nilai dan karakter, seni dan budaya serta sumber daya alam dan lingkungan.

Tahun ini, pemeringkatan UI Green Metric diikuti 780 perguruan tinggi dari 85 negara yang tersebar di seluruh dunia dari lima benua. Artinya, persaingan di tingkat nasional dan internasional menjadi ukuran peningkatan reputasi internasional. University of Wageningen, Belanda, masih bertahan pada peringkat pertama dunia, karena mendapat nilai sempurna pada ke 3 kategori UI Green Metricyaitu energy and climate change, waste, water.

Secara nasional UNNES menduduki peringkat ke-6 sebagai kampus berkelanjutan. Kampus berkelanjutan ini diukur dari 6 karegori, yaitu setting and infrastructure, energy and climate change, waste, water, transportation, and education. UNNES masih harus bersaing ketat dengan UI, IPB, UGM, UNDIP, dan ITS, terutama pendatang baru yang langsung menggebrak peringkat, yakni UGM.

UNNES mampu bersaing di tingkat dunia karena memiliki keunggulan dalam kehijauannya serta terus berkembang dalam kategori lain. Lebih lanjut disampaikan pula bahwa pemeringkatan ini bukan hanya persoalan ranking, tetapi komitmen UNNES sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional . “UNNES mampu bersaing dalam pemeringkatan UI Green Metric nasional maupun internasional sekaligus mewujudkan komitmen jangka panjang menuju masyarakat dunia yang sejahtera, aman, dan nyaman hidup di bumi idaman”, tegas Prof Amin Retnoningsih, Kepala UPT Pengembang Konservasi UNNES.

 


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment