Saturday 19 April 2014

Arab Saudi Akan Bangun Gedung Setinggi 1 Km

Desain gedung pencakar langit The Kingdom Tower (sumber: cnn)
SEKITARUNNES, JEDDAH – Arab Saudi akan membangun The Kingdom Tower, gedung pencakar langit setinggi 3.280 kaki (1 kilometer) di Kota Jeddah.
Gedung itu akan mengalahkan Burj Khalifa, gedung kebanggaan negara tetangga Arab Saudi, Dubai. Burj Khalifa yang memiliki tinggi 2.716 kaki (827 meter) beberapa tahun ini memang menjadi gedung tertinggi di dunia dan juga menjadi gedung yang paling besar dan paling mahal.
Gelar Guinness Burj Khalifa tampaknya bakal beralih ke Arab Saudi. Rencananya, konstruksi awal The Kingdom Tower akan dilakukan pekan depan. Demikian seperti dikutip Construction Weekly.
Pembangunan gedung tertinggi di dunia itu dilakukan konsultan Advanced Construction Technology Services (ACTS). Mereka bahkan sudah menguji material yang akan digunakan untuk membangun The Kingdom Tower.
Biaya pembangunan diperkirakan sebesar US$ 1,23 miliar atau sekitar Rp 10,2 triliun. Nantinya, The Kingdom Tower akan memiliki 200 lantai. Letaknya di pinggir pantai Laut Merah. Gedung ini akan menggunakan 5,7 juta kaki kubik beton dan 80.000 ton baja. Demikian dilansir The Saudi Gazette.
Pihak konsultan mengakui, membangun gedung setinggi itu yang berada di pinggir pantai jelas sangat menyulitkan. Sebab, air garam sangat berpotensi merusak bangunan.
Apalagi, fondasinya sedalam 60 meter, jadi perlu upaya menyingkirkan air garam. Makanya, ACTS akan menguji kekuatan material beton lain untuk fondasinya. Kekuatan hempasan angin juga akan menjadi masalah berikutnya. Konsultan akan membuat lekukan tersendiri untuk mengurangi ketajaman permukaan sisi gedung.
Penulis: Yuliantino Situmorang/YS

Sumber : www.beritasatu.com

No comments:

Post a Comment