Thursday 29 March 2018

Puncak Dies Natalis ke-53, UNNES Hadirkan Ketua MPR RI dan Tokoh Nasional

Ada satu sisi yang patut menjadi perhatian pada upacara puncak Dies Natalis ke 53 Universitas Negeri Semarang (UNNES), Kamis (29/3) di Gedung Prof Wuryanto Auditorium UNNES. Ketua MPR RI, Menristekdikti, Rektor terdahulu hingga tokoh-tokoh berpengaruh di Indonesia turut hadir merayakan acara puncak pencapaian kinerja seluruh civitas akademika UNNES, sejumlah pertunjukkan pun sukses ditampilkan.

Barisan tempat duduk panggung kehormatan terlihat Ketua MPR RI Dr (HC) H Zulkifli Hasan SE MM, Menristekdikti Prof H Mohamad Nasir PhD Ak, Plt Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi, Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman MHum, dan Ketua Senat UNNES Prof Dr Soesanto MPd.

Pada barisan tempat duduk VIP, tampak sejumlah tokoh berpengaruh seperti Walikota Semarang Hendar Prihadi SE MM, KH Ahmad Mustofa Bisri, dan tokoh berpengaruh lainnya.

Upacara yang dihadiri oleh dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan mitra UNNES ini merupakan puncak perayaan Dies Natalis ke-53 UNNES. Selain kegiatan ceremonial, kegiatan juga dimeriahkan oleh musik orkestra dan musik tradisional.

Dalam sambutan pembukanya, Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menjelaskan, UNNES selalu berkomitmen menjaga dan merekatkan NKRI.

“Selaras dengan semangat perkembangan UNNES dalam menghadapi berbagai peluang dan tangangan, dies natalis tahun ini mengambil tema Internasionlisasi UNNES merekat NKRI. Makna internasionalisasi UNNES adalah target penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang digunakan agar bisa bersanding dan/atau bersaing dengan perguruan tinggi di dunia. Adapun Merekat NKRI dimaknai sebagai semangat untuk menjaga harmoni kebersamaan dalam rumah besar kita, yakni NKRI,” jelas Rektor.

Ia menambahkan, sinergi internasionalisasi dan merekat NKRI merupakan laju pacu yang signifikan untuk menyatukan kekuatan penting bagi pengembangan UNNES dengan semangat konservasi nila i-nilai luhur bangsa. Oleh karena itu, UNNES berharap Ketua MPR RI Bapak Dr (HC) H Zulkifli Hasan SE MM berkenan memberi orasi ilmiah dengan tajuk Membangun Reputasi Internasional Perguruan Tinggi Merekat NKRI.

Dalam usia yang ke 53 ini, UNNES juga menganugerahkan dua penghargaan konservasi. Anugerah konservasi bidang lingkungan Upakarti Prabaswara Mandala diberikan kepada Walikota Semarang Hendar Prihadi SE MM. Sementara anugerah konservasi bidang seni dan budaya Upakarti Parama Bujangga diberikan kepada KH Ahmad Mustofa Bisri.

Hendrar Prihadi dinilai telah berjasa dalam memajukan dan mengembangkan tata ruang dan lingkungan hidup di Kota Semarang. Wali Kota Semarang itu dikukuhkan telah memberi inspirasi bagi kota-kota lainnya di Indonesia atas keberhasilan pengelolaan smart city Kota Semarang. Ia menunjukkan keseriusan dan komitmen untuk terus melakukan pengembangan berbagai inovasi yang berfokus pada peningkatan kemudahan, ketepatan, dan kepercayaan masyarakat.

Sementara itu, KH Ahmad Mustofa Bisri dinilai telah berjasa dalam upaya pengembangan kebudayaan islam di Indonesia melalui metode dakwah yang unik dan menarik di masyarakat. Ia menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, dan website dalam menyebarkan nilai-nilai perdamaian dan toleransi beragama.

Masih dalam rangkaian Dies Natalis UNNES, malam hari nanti, akan digelar pementasan wayang kulit spektakuler kolaborasi gagrak Surakarta dan Yogyakarta dengan dalang Ki Sigit Ariyanto dari Rembang dan Ki Seno Nugroho dari Yogyakarta.

Pagelaran tersebut juga digelar dalam rangka Sosialisasi 4 Pilar MPR RI (Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika).

Pagelaran yang mengambil lakon Manunggaling Mustikaning Jagat ini akan dimulai pada pukul 19.30 di halaman rektorat kampus UNNES Sekaran Gunungpati. Acara bakal makin semarak dengan kehadiran Gareng Ngesti Pandhawa dan Sinden Idol UNNES.

Sebelumnya, keluarga besar UNNES berziarah ke makam Mochtar, mantan Presidium Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang, Senin (26/3), di makam Bergota Semarang. Turut menyertai dalam rombongan tersebut Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Rustono, Wakil Rektor Bidang Dr S Martono (WR II), Dr Bambang BR (WR III), Prof Sukestiyarno (WR IV), Direktur Pascasarjana Prof Achmad Slamet, para dekan, Wakil dekan, ketua lembaga, dan pejabat UNNES.

Dwi Hermawan (Students Staff)


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment