Friday 12 January 2018

UNNES Siap Bantu Selesaikan Sertifikat Tanah Untuk Rakya

Universitas Negeri Semarang (UNNES) perlu ikut ambil bagian dalam program Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk memperbaiki pendataan dan juga meningkatkan layanan terkait sertifikat tanah untuk rakyat.
 
Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyatakan hal itu saat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara UNNES dengan Mentri ATR/BPN Dr Sofyan A Djalil SH MA MALD, di Jakarta, beberapa hari yang lalu.

Prof Fathur berujar, dari sisi akademis, pihaknya memiliki sumber daya manusia yang kompeten untuk membantu kebijakan pemerintah tersebut.

Menteri ATR/BPN memberikan apresiasi dan rasa bangganya kepada UNNES yang mendukung program sertifikat tanah untuk rakyat. Menurut Dr Sofyan, kesadaran di tengah masyarakat khususnya di pedesaan terkait pentingnya sertifikasi lahan harus dibangun. Selain sebagai pengakuan atas kepemilikan, sertifikat tanah bisa memiliki nilai ekonomis bagi pemiliknya.

Oleh karena itu, perguruan tinggi dapat membantu pemerintah untuk melakukan sosialisasi soal pertanahan, serta memetakan wilayah mana yang masyarakatnya masih belum memiliki sertifikat, baik rumah maupun lahan pertanian.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment