Monday 23 September 2019

WR 1 Ajak Siswa Karimun Jawa Jaga Ekosistem Terumbu Karang

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Semarang Prof Zaenuri SE MSi Akt beserta tim pengabdian kepada masyarakat menggandeng Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bakti Sosial UNNES melaksanakan pengabdian di sekolah yang berada di Karimunjawa, Sabtu, 21/9.

UKM Bakti Sosial yang turut dalam pengabdian yaitu Anindita Rosalia Wijanarko (Bahasa dan Sastra/ FBS), Teguh Pamungkas (Ilmu Komputer/FMIPA), Ivana Khaerini (Pend. Luar Sekolah/FIP), Sella Ingesti (Biologi/FMIPA), Fifi Alvianti (Pend. Ekonomi/FE), M. Hasan Fatoni (Teknik Mesin/FT), Nugroho Brianto (Teknik Mesin/FT), Setiyo Prabowo (Teknik Mesin/FT).

Tim penbabdian yang dipimpun Prof Zaenuri melaksanakan pengabdian masyarakat di di SMP Negeri 1 Karimun Jawa dan SMK Negeri 1 Karimun Jawa dengan tema pentingnya menjaga ekosistem terumbukarang.

Pengabdian pertama dilakukan di SMP Negeri 1 Karimun Jawa yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kecamatan, kegiatan dibagi menjadi dua tim dari dosen dan mahasiswa sasaran yang diberikan sosilaisasi ialah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Karimun Jawa.

Prof Zaenuri mengatakan pokok materi yang disosialisasikan yaitu tentang pentingnya menjaga ekosistem laut, pencemaran laut, dan mengajak generasi muda untuk merubah presepsi bahwa terumbu karang tidak lebih kuat dari pada batu, karena dengan memberikan sosialisasi terhadap para masyarakat merupakan hal yang sulit.

“Melalui edukasi dini terhadap generasi muda di Karimun Jawa diharapkan mereka senantiasa menjaga dan merawat terumbu karang agar keberlanjutan Karimun Jawa ke depan supaya tetap lestari,” kata Prof Zaenuri.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi di SMK Negeri 1 Karimun Jawa yang tidak jauh jaraknya dari SMP Negeri 1 Karimun Jawa.

Tim pengabdian memberikan sosilasisasi dan motivasi agar siswa siswi SMK Negeri 1 Karimun Jawa bisa melanjutkan pendidikan di UNNES mulai dari bagaimana cara penerimaan mahasiswa di UNNES, berbai beasiswa yang ada, serta gambaran kehidupan kampus kepada siswa siswi SMK Negeri 1 Karimun Jawa.

“Generasi muda haruslah bercita-cita setinggi mungkin, terlebih lagi Karimun Jawa merupakan destinasi wisata kelas internasional. Tidak cukup hanya dikelola oleh masyarakat yang berpendidikan menengah, perlu adanya perubahan di masyarakatnya untuk berinovasi dan senantiasa menjaga Karimun Jawa. Memang hal tersebut sulit untuk dilakukan karena pola pikir orang tua yang lebih menyarankan anaknya untuk langsung bekerja dan membantu orang tua menjadi nelayan atau langsung menikah. Dengan adanya kegiatan ini semoga dapat merubah pola pikir masyarakat di Karimun Jawa supaya memiliki pemikiran yang maju dan senantiasa menjaga ekosistem laut mereka, kalau bukan dimulai dari sekarang kapan lagi dan kalau bukan kita siapa lagi. Karena sejatinya laut kita adalah warisan kita, yang akan kita wariskan keanak dan cucu kita,” kata Prof Zaenuri.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment