Wednesday 18 September 2019

Ikuti Academic Conference on Psychological Issues, Mahasiswa Psikologi UNNES Raih “Best Paper”

Jurusan Psikologi bersama Hima Psikologi bekerja sama dengan  UKM Forpio, LSI serta Dynamic telah sukses melaksanakan ACPI (The 2nd Academic Conference an Psychological Issues).  Konferensi nasional yang mengambil tema ”Peluang dan Tantangan Psikologi Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0” ini merupakan kegiatan pertama kali Psikologi UNNES dalam ajang konferensi dan publikasi ilmiah tingkat nasional.

Sebanyak 31 Abstrak dari berbagai jenjang perkuliahan dari berbagai universitas ternama di Indonesia terkumpul dan menghasilkan 14 full paper yang berhasil terseleksi. Ajang ini merupakan ajang yang memang pertamakalinya diadakan dan harapannya akan menjadi agenda tahunan di kemudian hari. 

Keikutsertaan peserta dalam ajang ini merupakan suatu keuntungan yaitu adanya paper terbaik yang akan dipublikasikan dalam Jurnal INTUISI, paper yang dikirim akan masuk dalam prosiding ber- ISBN, sertifikat best paper  serta adanya uang pembinaan yang diberikan kepada peserta, serta adanya best presentation yang dipilih di hari pelaksanaan presentasi dari seluruh peserta yang telah terpilih dari 14 paper yang terkumpul tersebut.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua ruangan yang diadakan di ruangan 302 serta 303 dengan masing-masing moderator selaku yang memimpin jalannya acara. Setiap peserta diberi waktu sebanyak 15 menit dengan sesi  tanya jawab  dan peserta lain boleh memberikan saran maupun masukan dalam proses presentasi tersebut. Dalam kegiatan tanya jawab, para peserta secara aktif memberikan saran serta masukan dari masing-masing hasil penelitian dari peserta.

Selanjutnya yang terakhir adalah sesi pengumuman yang dilaksanakan dalam satu ruangan. Ada satu yang menarik dalam kegiatan ACPI (The 2nd Academic Conference an Psychological Issues) kali ini, best paper diraih oleh Laeli Agustia, Fitriana Grace Virginia Tongo, Halfa Fulki Al Ayati dan Siti Dzakiyyatun Nur Khasanah dari  Jurusan Psikologi UNNES. Mereka menulis dengan paper berjudul “Pelatihan Perencanaan Karier untuk Meningkatkan Efikasi Diri dalam Pengampilan Keputusan Karier pada Siswa SMP Kesatrian”.

Hal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi Jurusan Psikologi Unnes dengan mengalahkan 13 paper lainnya yang terseleksi. Kategori Best Presentation sendiri  berhasil diberikan kepada Aufa Miladya Izzzah dan Zalfa Luqqyana Nabilah dari Universitas Indonesia. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama dari masing-masing peserta.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment