Monday 2 September 2019

Ikuti Kejuaraan Nasional, Symphony FIS Choir Raih Medali Perak

Upaya meneguhkan Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai universitas bereputasi tidaklah hanya menjadi tanggung jawab bagi pimpinan, dosen, dan tenaga pendidik UNNES semata. Hal ini nampak dari capaian dan kontribusi mahasiswa UNNES yang berupaya mewujudkan UNNES yang bereputasi dan mendunia.

Setelah sebelumnya tim PKM UNNES berhasil memboyong satu medali emas dan dua medali perak pada ajang bergengsi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke- 32 di Universitas Udayana, Bali (30/8), kini giliran Symphony FIS Choir yang menyumbangkan satu Medali Perak A pada Katagori Folksong.

Grup paduan suara yang terdiri atas 34 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) ini berhasil tampil unggul bersama Perguruan Tinggi lainnya seperti Undip, Udinus, Unissula, Universitas Brawijaya, ITB, Telkom, UNS, UKSW, dan Unisba dalam ajang bergengsi lomba Satya Darma Gita Choir Festival (SDGCF) tahun 2019, pada Jumat (30/8).

Pada kegiatan yang bertempat di Radjawali Semarang Cultural Center ini, grup paduan suara Symphony FIS Choir berkesempatan membawakan tiga buah lagu. Lagu tersebut ialah Jaranan (aransemen V. Mangunsongs), Ketawang Ibu Pertiwi (Ki Narto Sabdo), dan Pasigin (Eudinice Palaruan).

Dalam arahan pelatih Tendian Febri Agazi dan Ali Muhtar, ini bukanlah kali pertama bagi Symphony FIS Choir untuk menyumbangkan prestasi.

Pada tahun 2018, grup paduan suara yang tergabung dalam Komunitas Ilmu Sosial untuk Seni (KISS) ini, juga berhasil menyabet kejuaraan nasional berupa medali perak dalam Lomba Paduan Suara Sapta Gita Jaya yang diselenggarakan di Auditorium IR. Widjatmoko, Universitas Semarang.

“Tentunya, sangat berkesan ya, ini ajang nasional yang begitu menyedot atensi para pekerja seni terutama di bidang musik. Ini juga ketiga kalinya, Symphony FIS Choir (SCF) berpartisipasi dalam event SDGCF. Event lomba SDGCF ini selalu kami nantikan, dimana dalam mengikuti lomba ini, SCF dapat bertemu dan bersaing dengan tim paduan suara dari berbagai penjuru Indonesia,” ungkap salah seorang personil Alfan Ariwibowo.

Kami, imbuh Alfan, telah berlatih vokal selama enam bulan, dimulai pada pukul 19.30 WIB hingga 22.00 WIB setiap harinya.

“Semoga ini menjadi salah satu langkah nyata bagi SCF untuk turut serta berkontribusi dan mengharumkan nama FIS dan UNNES melalui capaian prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” harap mahasiswa Jurusan Sosiologi dan Antropologi tersebut.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Dr Moh. Solehatul Mustofa MA menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Symphony FIS Choir.

“Bagaimanapun hasilnya, saya yakin Symphony FIS Choir telah berupaya memberikan yang terbaik. Dengan membawa pulang medali perak A, ini merupakan kebanggaan bagi UNNES” jelas Dr Mustofa.

Dosen Jurusan Sosiologi dan Antropologi (Sosant) tersebut berharap, capaian tersebut menjadi langkah bagi SFC untuk terus konsisten dalam meraih prestasi.

“Tetap optimis, semangat, dan selalu memberikan yang terbaik,” pungkas Dr Mustofa.

Dwi Hermawan (Students Staff)


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment