Wednesday 11 September 2019

FE Tingkatkan Literasi Perbankan Syariah Bagi Guru SMK Jateng dan DIY

Pusat Kajian Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan (3EC), Jurusan Pendidikan Ekonomi  Fakultas Ekonomi UNNES dengan bekerjasama dengan Otoritas jasa Keuangan dan MGMP Perbankan Syariah Jateng dan DIY. Selenggarakan Workshop Perbankan Syariah, Selasa-Rabu, 10-11 September 2019.

Workshop perbankan Syariah Bagi Guru tahun ini mengusung Tema “Peningkatan Literasi keuangan Syariah bagi Guru Sebagai Upaya Percepatan Pertumbuhan Industri keuangan Syariah di Indonesia”. Kegiatan ini dihadiri oleh 52 Sekolah SMK Perbankan Syariah di Jawa Tengah dan DIY. Selama dua hari peserta Workshop diberikan 7 materi yang disampaikan oleh: 1) Catur Surya Perwira (OJK), 2) Prof Dr Abdul Gofur  MAg (UIN Walisongo), 3) Slamet Sulistiono (Bank Jateng Syariah), 4) Nyata Nugraha  SE MSi  Akt (Politeknik Negeri Semarang), and 5) Ririn Winarni (OJK).

Kegiatan ini mendapat respon yang sangat positif dari MGMP Perbankan Syariah dan Juga Guru, hal ini sekaligus menjadi awalan kerjasama antara Jurusan pendidikan Ekonomi dengan SMK Perbankan Syariah di Jawa Tengah dan DIY. Kerjasama tersebut berupa pembinaan, penyelenggaraan ujian keahlian, pendampingan penulisan karya ilmiah bagi guru, dll. Pada sela kegiatan tersebut, dilakukan penandatangan MoA antara Dekan fakultas Ekonomi dengan ketua MGMP perbankan Syariah Jateng -DIY, untuk menjajaki kerjasama tersebut.

Direktur Pusat Studi pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan (3EC), Khasan Setiaji menjelaskan bahwa kegiatan ini lebih khusus merupakan upaya penjajakan kerjasama antara Pusat Studi Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan (3EC) dengan berbagai Lembaga yang memang concern dibidang pendidikan ekonomi, kewirausahaan dan keuangan Syariah, hal ini merupakan bagian dari kontribusi nyata pusat kajian terhadap masyarakat. 

Harapan dari kegiatan ini adalah akan ada berbagai kegiatan berikutnya sebagai bentuk dedikasi Fakultas Ekonomi UNNES untuk memajukan Dunia Pendidikan termasuk pada pembelajaran Perbankan Syariah di Indonesia.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment