Wednesday 25 September 2019

Prof Fathur: Pentingnya Kepemimpinan Bertumbuh

Saat ini kita sedang menghadapi tantangan-tantangan baru di era distrupsi. Jika tantangan itu menjadikan kita takut, maka perguruan tinggi tidak akan maju. Justru tantangan itu jadikan sebagai peluang.

Untuk itu dibutuhkan seorang pemimpin. Kepemimpinan itu harus dibangun oleh semuanya (dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan klining servis).  Kalau tidak punya kepemimpinan gimana Universitas Negeri Semarang (UNNES) bisa besar karena persaingan begitu ketat.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan itu saat memjadi Keynote Speaker pada Pembekalan Dosen UNNES 2019, Rabu (25/9) di Hotel Grasia Semarang.

Prof Fathur menjelaskan di UNNES, kepemimpinan itu dinamakan “Kepemimpinan Bertumbuh” yakni merupakan satu set prinsip kepemimpinan yang berpusat pada pengembangan kualitas diri pemimpin dan orang-orang disekitarnya.


Prof Fathur juga menyampaikan, kepemimpinan bertumbuh itu bagaikan pohon yang terus bertumbuh yakni menumbuhkan benih kepemimpinan, memperkuat pohon kepemimpinan,  merangkai jejaring pohon kepemimpinan, pohon kuat menghadapi badai, dan menyemai tunas kepemimpinan baru.

Untuk itu, tumbuhkan kepemimpinan anda. Kerena kepemimpinan bertumbuh harus mempunyai kesadaran, berkomitmen, dan berkompetensi untuk menumbuhkan panggilan kepemimpinan dengan visi besar bagi perubahan, pungkas Prof Fathur.

Sebelumnya, Ketua penyelenggara Dr Sutikno melaporkan, kegiatan ini diikuti 201 dosen muda terdiri atas dosen CPNS angkatan 2018 sebanyak 110 orang, dosen PNS angkatan 2017 (21 orang), dosen BLU (10 orang), dan dosen kontrak (60 orang).

Nara sumber Prof Dr Zaenuri (WR1), Dr S Martono (WR2), Agung Yulianto MSi (ketua BPM), Dr Hendi Pratama (WD 1 FBS), dan Mona Subagya SPd (Ka UPT TIK).


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment