Friday 30 July 2021

LPPM Selenggarakan International Webinar Tingkatkan Publikasi Internasional

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Semarang (UNNES) selenggarakan Webinar internasional dengan tema “How To Write A Book/Book Chapter And Get It Published By A Reputable International Publisher”.

International webinar ini menghadirkan narasumber Assoc Prof Dr Zainul Akmar Zakaria dari UTM Malaysia dan Dr John Ryan dari Southern Cross University, Australia serta dimoderatori oleh Arif Widiyatmoko SPd MPd PhD in Ed dosen FMIPA UNNES.

Dalam kesempatan ini, Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum memotivasi para dosen UNNES untuk mempublikasikan karya ilmiahnya dalam bentuk buku/book chapter yang diterbitkan oleh penerbit internasional bereputasi.

“Kesadaran desiminasi keilmuan adalah hal yang penting. Ilmu harus dihilirkan agar sampai ke masyarakat dan masyarakat memanfaatkannya dari ilmu yang kita kembangkan. Hilirisasi keilmuan hanya bisa dilakukan dengan penelitian dan publikasi,” tutur Prof Fathur.

Dalam sesi panel, Zainul mengungkapkan beberapa strategi dan Langkah dalam menulis dan mempulikasikan Book/Book Chapter pada bidang SAINTEK. “Writing a book is not easy, but it is not impossible.” Tutur Zainul.

Dalam paparannya, Dr John mengungkapkan beberapa strategi dalam memulai menulis di bidang SOSHUM, salah satunya dengan mengatur waktu setiap hari dalam seminggu untuk menulis.

Ia juga memaparkan beberapa strategi untuk memilih penerbit yang bereputasi internasional, seperti memilih penerbit yang bagus dalam distribusi dan pemasaran seperti Routledge, Springer, dan Palgrave Macmillan.

Melalui webinar ini diharapkan para dosen dan peneliti UNNES dapat meningkatkan kemampuannya dalam penulisan naskah buku/ book chapter dan dapat diterbitkan oleh penerbit internasional bereputasi yang berdampak pada peningkatan reputasi dan peringkat UNNES pada skala nasional maupun internasional, dan turut berkontribusi nyata terhadap kemajuan bangsa.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment